Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah Di Lembaga Pendidikan Formal NU (Studi Kasus di SMK Ma’arif 2 Sleman)
Abstract
Manajemen berbasis sekolah adalah manajemen yang memberikan wewenang kepada sekolah untuk merencanakan dan melaksanakan tujuan pendidikan nasional sesuai dengan lingkungan sekolah dan kebutuhan masyarakat. Nahdlatul Ulama sebagai organisasi masyarakat yang bersifat sosial keagamaan yang salah satu cita-citanya adalah ikut mensukseskan pendidikan di Indonesia. Dalam rangka mewujudkan cita-cita tersebut, Nahdlatul Ulama memiliki Lembaga Pendidikan Ma’arif yang konsen terhadap pendidikan formal dengan mendirikan sekolah-sekolah mulai dari tingkat dasar hingga tingkat perguruan tinggi, salah satu sekolah yang dibawah naungan LP. Ma’arif adalah SMK Ma’arif 2 Sleman yang berada di Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman, DIY.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana impementasi manajemen berbasis sekolah di lembaga pendidikan formal NU studi kasus di SMK Ma’arif 2 Sleman, dengan hambatan, tantangan, peluang dan karakteristik yang ada. Penelitian ini termasuk penelitian fiels research (penelitian lapangan). Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif-analitik.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa manajemen pendidikan berbasis sekolah di SMK Ma’arif 2 Sleman sudah baik dibuktikan dengan peningkatan fasilitas penunjang pembelajaran, merealisasikan harapan dan kebutuhan masyarakat dengan adanya jurusan yang sesuai dan akan terus ditambah serta kompetensi peserta didik yang meningkat dibuktikan dengan prestasi dalam kejuaraan. Mengacu pada 4 poin ciri penerapan manajemen berbasis sekolah, dapat dikatakan ada kelebihan dan kekurangan dari masing-masing poin, hanya ada 2 poin yang bisa sedikit diunggulkan yaitu dalam proses belajar dan sumber daya dan administrasi.
Collections
- Islamic Education [862]