Pengaruh Profitabilitas, Opini Audit Sebelumnya, Reputasi KAP, dan Strategi Manajemen Terhadap Penerimaan Opini Going Concern
Abstract
Opini audit atas laporan keuangan yang diberikan oleh auditor kepada auditee digunakan sebagai pedoman dalam mengambil sebuah keputusan. Para pemakai laporan keuangan berharap dengan adanya laporan keuangan dapat menjadi sumber informasi terkait dengan perusahaan serta auditor dapat memberikan early warning apabila menemukan adanya ketidakpastian kelangsungan hidup perusahaan di masa yang akan datang. Early warning tersebut berupa opini audit going concern yang diberikan oleh auditor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, opini audit sebelumnya, reputasi KAP, dan strategi manajemen terhadap penerimaan opini audit going concern. Sampel penelitian yang digunakan adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2016-2018. Berdasarkan hasil purposive sampling, terdapat 23 perusahaan yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel profitabilitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap penerimaan opini audit going concern, sedangkan variabel opini audit sebelumnya, reputasi KAP, dan strategi manajemen tidak berpengaruh terhadap penerimaan opini audit going concern.
Collections
- Akuntansi [4478]