Penerapan Model Student Facilitator and Explaining (Sfe) terhadap Prestasi Belajar dan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik Kelas Ximia Padamateri Laju Reaksi di MA Negeri 4 Sleman Tahun Ajaran 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengetahui ada perbedaan yang signifikan penerapan model Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap prestasi belajar ranah pengetahuan peserta didik pada materi Laju Reaksi di kelas XI MIA
3 MAN 4 Sleman tahun ajaran 2019/2020; dan 2) mengetahui perbedaan yang signifikan penerapan model Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap keterampilan komunikasi peserta didik kelas XI MA Negeri 4 Sleman materi Laju Reaksi di kelas XI MIA 3 MAN 4 Sleman tahun ajaran 2019/2020. Sampel dari penelitian berjumlah 29 peserta didik yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu kelas eksperimen menggunakan model SFE dan kelas kontrol menggunakan model konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa soal untuk instrumen prestasi belajar ranah pengetahuan dan teknik non tes berupa lembar observasi untuk instrumen keterampilan komunikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan penerapan model pembelajaran SFE dan model konvensional terhadap prestasi belajar ranah pengetahuan peserta didik di kelas XI MAN 4 Sleman; 2) Tidak ada perbedaan yang signifikan penerapan model pembelajaran SFE dan model konvensional terhadap keterampilan komunikasi peserta didik kelas XI MAN 4 Sleman.
Collections
- Chemistry Education [324]