Student -Teacher Relationships dan Determinasi Diri pada Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara student-teacher relationships dan determinasi diri pada siswa sekolah dasar kelas 5 dan 6 di Yogyakarta. Hipotesis penelitian ini yakni terdapat hubungan antara student-teacher relationships dan determinasi diri pada siswa sekolah dasar. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas 5 dan 6 dari sekolah dasar negeri dan sekolah dasar swasta di Yogykarta. Yang berjumlah 113 siswa, dengan rentang usia antara 10-12 tahun terdiri dari siswa laki-laki maupun perempuan. Determinasi diri merupakan variabel tergantung yang diukur menggunakan skala determinasi diri yang diadaptasi dari Munfarida (2017) yang mengacu pada Basic Psychological Needs Scale (Decy & Ryan, 2001). Sedangkan variabel bebas dalam penelitian ini adalah student-teacher relationships yang diukur menggunakan skala yang peneliti modifikasi dari skala student-teacher relationships (Pianta, 2001). Analisis korelasi menunjukkan nilai koefisien sebesar r = 0.206* dengan signifikansi (p) = 0.014.
Collections
- Psychology [2195]