Show simple item record

dc.contributor.authorAphrodyte M, Minerva
dc.date.accessioned2020-09-01T00:39:35Z
dc.date.available2020-09-01T00:39:35Z
dc.date.issued2020-03-10
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/23616
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dana alokasi umum (DAU), dana alokasi khusus (DAK), Jumlah sekolah menengah atas (JSMA), Dan jumlah tenaga medis (JTM) di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta terhadap indeks pembangunan manusia (IPM) pada tahun 2012-2015. Penelitian ini menggunakan data sekunder dimana data diambil dari BPS dan website resmi Mentri Keuangan Indonesia. Di dalam penelitian ini menggunakan data perkabupaten di DIY sehingga menggunakan regresi panel. Dalam menggunakan panel memilih 3 metode yang terbaik antara fixed effect, random effect dan common effect. Uji analisis dalam penelitian ini melihat uji secara parsial (uji t), simultan (uji f) dan uji determinasi (R2). Berdasarkan dari regresi menunjukan bahwa terdapat pengaruh secara simultan atau bersama-sama variabel independen dalam hal ini DAU, DAK, JSMA, dan JTM terhadap variabel dependen yaitu IPM adalah positif. Nilai R-squared sebesar 0,998, artinya sebesar 99,87 persen variabel IPM dijelaskan oleh variabel bebasnya sisanya sebesar 0,13 persen dijelaskan oleh variabel-variabel lain di luar model. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa variabel DAU berpengaruh positif signifikan terhadap IPM di provinsi DIY, variabel DAK tidak signifikan terhadap IPM di Provinsi DIY,Variabel JTM juga tidak signifikan dan variabel JSMA berpengaruh signifikan terhadap IPM di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectIndeks Pembangunan Manusiaen_US
dc.subjectDana Alokasi Umumen_US
dc.subjectDana Alokasi Khususen_US
dc.subjectJumlah sekolah menengah atasen_US
dc.titleDeterminasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Indeks Pembangunan Manusia Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Pada Tahun 2012-2015en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record