Gim Braille Interaktif Untuk Meningkatkan Interaksi Dan Motivasi Belajar Siswa Tunanetra
Abstract
Huruf Braille merupakan media yang digunakan untuk membantu penyandang tunanetra dalam hal membaca dan menulis. Braille memiliki 6 titik sel yang masing-masing selnya dapat membentuk pola sehingga dapat merepresentasikan ke dalam huruf alfabet. SLB A Yaketunis Yogyakarta yang memiliki siswa tunanetra tentunya belajar huruf Braille harus dilakukan untuk memudahkan proses pembelajaran kedepanya. Dalam sekolah tersebut proses pembelajaran huruf Braille masih menggunakan metode konvensional dengan berupa papan kayu yang terdapat beberapa paku sebagai media pembelajaran huruf Braille. Dengan menggunakan metode ini siswa akan merasa cepat bosan dan lupa, ditambah lagi dengan kriteria siswa yang berbeda-beda sesuai dengan kasus bagaimana siswa mendapatkan kekurangan dalam penglihatan metode ini menjadi belum efektif digunakan.
Penelitian ini dilakukan untuk memberikan metode pembelajaran alternatif berupa gim dengan alat interaksi khusus dengan harapan akan menjawab dari permasalah di atas sehingga metode pembelajaran menjadi lebih efektif dan interaktif. Pengembangan gim dilakukan dengan metode ADDIE untuk memudahkan proses developer dalam mengembangkan sebuah gim.
Hasil penelitian berdasarkan pengujian yang dilakukan di SLB A Yaketunis Yogyakarta kepada guru dan murid menunjukan bahwa gim Braille interaktif dapat memotivasi dan menjadikan media pembelajaran bagi siswa untuk mempermudah penggunaan gim dalam belajar huruf Braille. Terdapat kritik dan saran yang bersifat membangun supaya dalam pengembangan gim Braille interaktif ini lebih mudah untuk dimainkan dan digunakan sebagai media pembelajaran huruf Braille di sekolah tunanetra khususnya di SLB A Yaketunis Yogyakarta.
Collections
- Informatics Engineering [2154]