Pengaruh Marketing Mix terhadap Keputusan Konsumen untuk Membeli Air Isi Ulang (Studi Kasus di Depot Moya Syariah Surakarta)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran meliputi produk, harga, lokasi dan promosi, baik secara simultan maupun parsial terhadap keputusan konsumen untuk membeli air isi ulang di depot Moya Syariah Surakarta.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 60 orang. Penentuan sampel tersebut mengacu pada rata-rata populasi konsumen di depot air minum isi ulang Moya Syariah Surakarta tiap harinya. Penelitian ini menggunakan analisis data berupa analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil analisis data, Terdapat tiga variabel independen yang tidak berpengaruh terhadap keputusan kosumen untuk membeli air minum isi ulang di depot Moya Syariah, yakni variabel produk, harga dan lokasi. Berdasarkan hasil uji parsial, variabel produk memiliki nilai Sig 0,681 > a 0,05, variabel harga 0,167 > 0,05, variabel lokasi 0,681 > 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Ho diterima dan H1 ditolak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa variabel lokasi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di depot Moya Syariah Surakarta.
Variabel independen yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian kosumen di depot air minum isi ulang Moya Syariah adalah variabel promosi. Berdasarkan hasil uji parsial, nilai Sig adalah sebesar 0,000 > 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa variabel promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di depot Moya Syariah Surakarta. Variabel promosi otomatis menjadi variabel yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap keputusan konsumen untuk membeli air minum isi ulang di depot Moya Syariah Surakarta.
Collections
- Islamic Economics [823]