Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Penggunaan Fitur Pay Later Pada Aplikasi Traveloka
Abstract
Pay Later adalah sebuah fitur pinjaman kredit online pada aplikasi Traveloka yang memungkinkan pengguna membayar berbagai produk di Traveloka dengan mencicil. Pay Later masuk ke dalam online credit card yang masuk ke dalam kategori e-payment. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekspektasi usaha, ekspektasi kinerja, pengaruh sosial, kondisi pendukung, motivasi hedonis, nilai harga, dan persepsi keamanan teknologi terhadap minat penggunaan fitur Pay Later pada aplikasi Traveloka yang didasari oleh teori Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2). Responden dalam penelitian ini adalah 128 mahasiswa universitas di provinsi Yogyakarta. Data primer yang digunakan didapatkan dengan menyebarkan kuisioner online. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ekspektasi usaha, pengaruh sosial, motivasi hedonis, nilai harga, dan persepsi keamanan teknologi berpengaruh positif terhadap minat penggunaan fitur Pay Later pada aplikasi Traveloka, sedangkan ekspektasi usaha dan fasilitas pendukung tidak berpengaruh positif terhadap minat penggunaan fitur Pay Later pada aplikasi Traveloka.
Collections
- Akuntansi [4536]