Show simple item record

dc.contributor.advisorRini Darmawati
dc.contributor.authorDiah Anggraini, 02512167
dc.date.accessioned2020-08-11T04:04:10Z
dc.date.available2020-08-11T04:04:10Z
dc.date.issued2007
dc.identifier.urihttp:/dspace.uii.ac.id/123456789/23246
dc.description.abstractPengembangan anak Usia Dini sangat penting untuk mengatasi kemajuan teknologi, anak akan dibina dalam upaya pengembangan pada usia-usia awal yaitu usia 4-6 tahun. Wadah pengembangan anak ini mencakup perkembangan anak motorik, kognisi, intelegensi ( kecerdasan ) yang tidak hanya dilakukan oleh pemerintah tetapi juga masyarakat. Di Jogjakarta kesempatan anak untuk berekplorasi dengan alam sangat terbatas karena sebagian besar sarana-sarana yang ada hanya untuk kepentingan orang dewasa maka perlu adanya sebuah wadah yang dapat digunakan anak untuk mengenal dan berekplorasi dengan alam, yaitu Taman Kanak-kanak dengan fasilitas berupa pengenalan alam. Pada perancangan Tugas akhir Taman Kanak-kanak Di Yogyakarta memberikan penekanan pada proses belajar dan bermain anak yang memanfaatkan potensi alam, yaitu dengan menata ruang dalam mulai dari material, pencahayaan, dan penghawaan juga menata lansekap yang menjadi program dari pembelajaran. Perancangan Tugas Akhir Taman Kanak-kanak ini dalam pembahasannya menggunakan metoda antara lain ; observasi tidak langsung yang berupa studi literatur yang berkaitan dengan perencanaan dan perancangan Taman Kanak-kanak, studi kasus yang mengadakan pendekatan melalui analisa beberapa Taman kanak-kanak yang ada di Yogyakarta. Dari metoda tersebut Tugas akhir ini mendapatkan kriteria-kriteria yang berkaitan dengan penataan ruang dalam, penggunaan material alam, dan penataan lansekap Taman Kanak-kanak. Berdasarkan kriteria-kriteria yang ada maka mendapatkan hasil rancangan yang berupa penggunaan material alam pada dinding ruang kelas, memperbanyak bukaan-bukaan pada ruang kelas, penataan pola-pola lansekap yang diberi kontur dengan permainan-permainan untuk mengenal alam antara lain; Taman air dimana anak tidak hanya sekedar melihat tetapi juga dapat bermain dan merasakan langsung. Taman pasir dimana anak dapat membuat rumah-rumahan dari pasir, vegetasi berupa pohon-pohon besar sebagai peneduh, bunga-bunga dan juga anak dapat bercocok tanam, adanya kolam ikan sehingga anak tidak hanya melihat tetapi juga dapat memelihara ikannya sendiri, adanya area jalan pagi yang berkontur mengelilingi bangunan dan juga fasilitas-fasilitas untuk mengekplorasi bakat yaitu kolam renang, musik dan tari.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectTaman Kanak - Kanak di Yogyakartaen_US
dc.subjectPenekanan pada Proses Belajar dan Bermainen_US
dc.subjectMemanfaatkan Potensi Alamen_US
dc.subjectMemperhatikan Aspek Kenyamanan dan Keamananen_US
dc.titleTaman Kanak - Kanak di Yogyakarta Penekanan pada Proses Belajar dan Bermain dengan Memanfaatkan Potensi Alam yang Memperhatikan Aspek Kenyamanan dan Keamananen_US
dc.Identifier.NIM02512167


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record