Stabilisasi Tanah Lempung Sokka dengan Campuran Serbuk Kulit Kerang
View/ Open
Date
2004Author
Akhyar Waldi, 93310120
Danny Kusuma, 93310290
Metadata
Show full item recordAbstract
Tanah adalah elemen paling bawah dan suatu konstruksi bangunan diatasnya.
Masalahnya yang sering ditemui pada tanah lempung sebagai pendukung beban
konstruksi di atasnya adalah nilai plastisitasnya tinggi, kembang susut tinggi, sehingga
tidak memenuhi persyaratan sebagai pendukung beban konstruksi di atasnya. Stabilisasi
Tanah Lempung dengan campuran Serbuk Kulit Kerang merupakan salah satu usaha
untuk mengetahui seberapa besar kemampuan Serbuk Kulit Kerang yang mengandung
"Ca" sebagai stabilisalor tanah lempung.
Penelitian dilakukan di laboratorium dengan cara pengujian sifat fisik, batas
plastis dan mekanik tanah yaitu analisis saringan, berat jenis, kadar air, uji proktor
standar, berat volume tanah, kembang susut. Penelitian dilakukan dalam tiga tahap,
tahap pertama dilakukan pengujian sifat fisik dan batas plastis tanah. Tahap kedua
dilakukan pengujian untuk mendapatkan kadar air (w) optimum, berat volume
maksimum. Tahap ketiga dilakukan pengujian Kuat Tekan Bebas dan Triaxial.
Hasil penehtian menunjukkan penambahan serbuk kulit kerang mengakibatkan
terjadinya penurunan nilai batas cair sebesar 14,42 %, indeks plaslisitas sebesar 9,71 %
dan menaikkan nilai batas susut sebesar 2,41 %. Nilai kadar air optimum (24,59 %) dan
berat volume kering (1,544 gr/cm²). Sedangkan penambahan kadar serbuk kulit kerang 4
% pada pengujian kuat tekan bebas dapat menaikkan nilai qu sebesar 16% nilai sudut
gesek dalam turun sebesar 60 %. Pada pengujian Triaxial (Ull) perubahan terjadi pada
nilai tegangan normal yaitu mengalami kenaikan sebesar 65,22% dan pada sudut geser
juga mengalami kenaikan sebesar 27,80 %.
Jadi stabilisasi tanah lempung Sokka dengan bahan campuran serbuk kulit
kerang pada kadar campuran 4 % adalah variasi campuran terbaik yang dapat
memperbaiki sifat fisik dan mekanik serta perilaku tanah lempung Sokka, Kebumen,
Jawa Tengah.
Collections
- Civil Engineering [4192]