Show simple item record

dc.contributor.authorRatih Sulistyodewi, 00512166
dc.date.accessioned2020-07-29T08:18:00Z
dc.date.available2020-07-29T08:18:00Z
dc.date.issued2005
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/23067
dc.description.abstractLembaga pendidikan Prasekolah Bambini Montessori adalah salah satu lembaga pendidikan prasekolah yang menerapkan konsep Montessori di Yogyakarta. Secara umum, konsep pendidikan Montessori adalah menekankan pada proses pendidikan secara alamiah (berdasarkan pengalaman anak) dalam lingkungan keluarga atau masyarakat, dimana anak belajar sesuai kebutuhan dan keinginan mereka sendiri sedangkan orang tua dan guru hanya berperan sebagai pengarah. Dalam penerapan konsep montessori diperlukan lingkungan yang mendukung baik lingkungan fisik maupun non fisik. Lingkungan fisik (tata ruang) diduga dapat mempengaruhi perilaku anak, sehingga dapat dipergunakan sebagai pendukung dan pengarah perilaku dalam menciptakan pengalaman anak. Penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh tata ruang terhadap efektifitas penerapan konsep Montessori. Lokasi penelitian adalah di Lembaga pendidikan Prasekolah Bambini Montessori yang beralamat di jalan A.M Sangaji No. 68B Yogyakarta. Data dianalisis melalui pendekatan kualitatif berdasarkan data dari hasil wawancara, kuesioner studi literatur dan data sekunder dari pihak lembaga (Bambini). Variabel yang diamati adalah tata ruang, yang terdiri dan lay out, teksture dan warna. Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah bahwa secara umum konsep Montessori telah banyak diterapkan dan terlihat dalam tata ruang di Bambini Beberapa konsep yang telah banyak diterapkan secara efektif adalah seperti kondisi layout ruang sudah banyak memberikan suasana lingkungan belajar sesuai dengan konsep montessori yaitu tranformasi suasana lingkungan keluarga seperti penataan ruang yang non formal yang dapat dilihat dalam penataan ruang kelas dimana guru tidak berada didepan kelas seperti pada lembaga sekolah lain, susunan ruang yang tidak terlalu kaku (simetris), beberapa hal pembelajaran dilakukan secara lesehan dan kadang pembelajaran juga.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectStudi Tata Ruangen_US
dc.subjectBangunan Prasekolahen_US
dc.subjectBambini Montessori di Yogyakartaen_US
dc.subjectPengaruh Kondisi Ruangen_US
dc.subjectEfektifitas Penerapan Konsep Montessorien_US
dc.titleStudi Tata Ruang Bangunan Prasekolah Bambini Montessori di Yogyakarta Pengaruh Kondisi Ruang Terhadap Efektifitas Penerapan Konsep Montessorien_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record