Studi Tata Ruang Bangunan Prasekolah Bambini Montessori di Yogyakarta Pengaruh Kondisi Ruang Terhadap Efektifitas Penerapan Konsep Montessori
Abstract
Lembaga pendidikan Prasekolah Bambini Montessori adalah salah satu
lembaga pendidikan prasekolah yang menerapkan konsep Montessori di
Yogyakarta. Secara umum, konsep pendidikan Montessori adalah menekankan
pada proses pendidikan secara alamiah (berdasarkan pengalaman anak) dalam
lingkungan keluarga atau masyarakat, dimana anak belajar sesuai kebutuhan
dan keinginan mereka sendiri sedangkan orang tua dan guru hanya berperan
sebagai pengarah. Dalam penerapan konsep montessori diperlukan lingkungan
yang mendukung baik lingkungan fisik maupun non fisik. Lingkungan fisik (tata
ruang) diduga dapat mempengaruhi perilaku anak, sehingga dapat dipergunakan
sebagai pendukung dan pengarah perilaku dalam menciptakan pengalaman
anak. Penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh tata ruang terhadap efektifitas penerapan konsep Montessori.
Lokasi penelitian adalah di Lembaga pendidikan Prasekolah Bambini
Montessori yang beralamat di jalan A.M Sangaji No. 68B Yogyakarta. Data
dianalisis melalui pendekatan kualitatif berdasarkan data dari hasil wawancara,
kuesioner studi literatur dan data sekunder dari pihak lembaga (Bambini).
Variabel yang diamati adalah tata ruang, yang terdiri dan lay out, teksture dan
warna. Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah bahwa secara umum
konsep Montessori telah banyak diterapkan dan terlihat dalam tata ruang di
Bambini Beberapa konsep yang telah banyak diterapkan secara efektif adalah
seperti kondisi layout ruang sudah banyak memberikan suasana lingkungan
belajar sesuai dengan konsep montessori yaitu tranformasi suasana lingkungan
keluarga seperti penataan ruang yang non formal yang dapat dilihat dalam
penataan ruang kelas dimana guru tidak berada didepan kelas seperti pada
lembaga sekolah lain, susunan ruang yang tidak terlalu kaku (simetris), beberapa
hal pembelajaran dilakukan secara lesehan dan kadang pembelajaran juga.
Collections
- Architecture [3658]