Show simple item record

dc.contributor.authorM. Fahmi Tri Wahyudi, 01512231
dc.date.accessioned2020-07-27T08:43:05Z
dc.date.available2020-07-27T08:43:05Z
dc.date.issued2006
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/22998
dc.description.abstractKantor sebagai wadah segala sesuatu tentang penerimaan, pendokumentasian, dan fasilitas informasi serta perlindungan aset perusahaan yang menjamin bahwa bisnis/usaha perusahaan itu dapat dipacu dan diperhitungkan yang dari waktu ke waktu, semakin dibutuhkan di kota Yogyakarta. Seiring dengan perkembangan dan pertumbuhan perekonomian kota Yogyakarta yang semakin meningkat dan diikuti dengan adanya issue tentang akan diberlakukannya pasar bebas ( AFTA ), secara tidak langsung menuntut setiap wilayah yang ada di Indonesia untuk dapat bersaing dan berkompetisi dengan wilayah dari negara lain melalui peningkatan mutu dan kualitas SDM yang dimilikinya serta melalui peningkatan akan sarana dan prasarana serta layanan publik yang efektif guna menciptakan iklim yang kondusif untuk kegiatan bisnis dan perdagangan yang ada di kota Yogyakarta sehingga keberadaan sebuah rental office / kantor sewa sangat perlu untuk dapat mewakili kebutuhan akan sebuah sarana perkantoran yang representatif. Pemilihan site merupakan salah satu keputusan penting yang dapat mendukung perkembangan kantor sewa, Site ini berada di Kawasan Central Business District yaitu berada di jalan Sudirman dan merupakan jalur perdagangan dan bisnis yang ada di Yogyakarta. Kantor sewa ini bersifat spekulatif. Penggunanya adalah kantor-kantor yang belum memiliki kantor sendiri dan perusahaan-perusahaan asing yang menanamkan modalnya di kota ini yang sesuai dengan issues perdagangan bebas yang berkembang dimana perusahaan secara leluasa dapat mengembangkan bisnisnya. Masalah yang akan diselesaikan dalam merancang bangunan kantor sewa ini adalah adanya kebutuhan ruang kantor yang berubah-ubah dengan system utilitas yang sudah fix di dalam bangunan, pengolahan organisasi ruang dan proporsi ruang di dalam kantor sewa untuk memperoleh ruang yang efektif serta pengolahan bangunan kantor sewa dengan kondisi eksisting site yang sudah ada bangunan lain didalamnya. Solusi desain yang diterapkan dalam memecahkan masalah desain pada bangunan kantor sewa ini adalah dengan aplikasi system struktur pada lantai bangunan yang menggunakan raising floor, merencanakan floorplan kantor sewa secara tepat serta pemanfaatan ruang transisi untuk menghubungkan bangunan kantor sewa dengan bangunan yang ada di eksisting site sehingga tercipta hubungan ruang yang harmonis. Kantor sewa ini didukung dengan fasilitas penunjang berupa ruang rapat, bank, Kantor pos, copy center, cafe dan restaurant serta ruang parkir yang cukup memadai. Sehingga diharapkan kantor sewa ini nantinya mampu menampung perusahaan-perusahaan yang belum memiliki fasilitas kantor sendiri juga perusahaan yang ingin menempatkan perwakilannya di kota yogyakarta dengan ketersediaan fasilitas yang memadai. Kata kunci : Rental Office,en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectKantor Sewa di Yogyakartaen_US
dc.titleKantor Sewa di Yogyakartaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record