Kantor Sewa di Yogyakarta
Abstract
Kantor sebagai wadah segala sesuatu tentang penerimaan,
pendokumentasian, dan fasilitas informasi serta perlindungan aset perusahaan
yang menjamin bahwa bisnis/usaha perusahaan itu dapat dipacu dan
diperhitungkan yang dari waktu ke waktu, semakin dibutuhkan di kota
Yogyakarta. Seiring dengan perkembangan dan pertumbuhan perekonomian
kota Yogyakarta yang semakin meningkat dan diikuti dengan adanya issue
tentang akan diberlakukannya pasar bebas ( AFTA ), secara tidak langsung
menuntut setiap wilayah yang ada di Indonesia untuk dapat bersaing dan
berkompetisi dengan wilayah dari negara lain melalui peningkatan mutu dan
kualitas SDM yang dimilikinya serta melalui peningkatan akan sarana dan
prasarana serta layanan publik yang efektif guna menciptakan iklim yang
kondusif untuk kegiatan bisnis dan perdagangan yang ada di kota Yogyakarta
sehingga keberadaan sebuah rental office / kantor sewa sangat perlu untuk
dapat mewakili kebutuhan akan sebuah sarana perkantoran yang representatif.
Pemilihan site merupakan salah satu keputusan penting yang dapat
mendukung perkembangan kantor sewa, Site ini berada di Kawasan Central
Business District yaitu berada di jalan Sudirman dan merupakan jalur
perdagangan dan bisnis yang ada di Yogyakarta.
Kantor sewa ini bersifat spekulatif. Penggunanya adalah kantor-kantor
yang belum memiliki kantor sendiri dan perusahaan-perusahaan asing yang
menanamkan modalnya di kota ini yang sesuai dengan issues perdagangan bebas yang berkembang dimana perusahaan secara leluasa dapat
mengembangkan bisnisnya.
Masalah yang akan diselesaikan dalam merancang bangunan kantor
sewa ini adalah adanya kebutuhan ruang kantor yang berubah-ubah dengan
system utilitas yang sudah fix di dalam bangunan, pengolahan organisasi ruang
dan proporsi ruang di dalam kantor sewa untuk memperoleh ruang yang efektif
serta pengolahan bangunan kantor sewa dengan kondisi eksisting site yang
sudah ada bangunan lain didalamnya.
Solusi desain yang diterapkan dalam memecahkan masalah desain pada
bangunan kantor sewa ini adalah dengan aplikasi system struktur pada lantai
bangunan yang menggunakan raising floor, merencanakan floorplan kantor sewa
secara tepat serta pemanfaatan ruang transisi untuk menghubungkan bangunan
kantor sewa dengan bangunan yang ada di eksisting site sehingga tercipta
hubungan ruang yang harmonis.
Kantor sewa ini didukung dengan fasilitas penunjang berupa ruang rapat,
bank, Kantor pos, copy center, cafe dan restaurant serta ruang parkir yang cukup
memadai. Sehingga diharapkan kantor sewa ini nantinya mampu menampung
perusahaan-perusahaan yang belum memiliki fasilitas kantor sendiri juga
perusahaan yang ingin menempatkan perwakilannya di kota yogyakarta dengan
ketersediaan fasilitas yang memadai.
Kata kunci : Rental Office,
Collections
- Architecture [3656]