Analisis Faktor-Faktor yang Memotivasi Calon Mahasiswa untuk Memilih Jurusan Ekonomi Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia
Abstract
Kebutuhan sumber daya manusia yang berkualitas dan berbasis syariah
sekarang ini banyak dibutuhkan karena sekarang ini banyak bermunculan bank-bank
ataupun lembaga-lembaga yang berbasis syariah. Hal ini seharusnya menjadi faktor
pendukung bagi jurusan EkonomiIslam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam
Indonesia dalam menjaring calon mahasiswa untuk meneruskan pedidikannya di
sana. Namun pada kenyataannya mahasiswa jurusan Ekonomi Islam mengalami
penurunan dari tahun ke tahun.
Analisis faktor adalah analisis yang digunakan untuk mereduksi data variabel
manifest (penelitian) menjadi sejumlah kecil variabel baru (faktor) yang mampu
mempunyai sifat menerangkan semaksimal mungkin keragaman data (variansi) dan
antar faktor yang ada tidak saling berkorelasi. Dalam penelitian ini, analisis faktor
digunakan untuk mencari faktor-faktor yang memotivasi calon mahasiswa untuk
memilih jurusan Ekonomi Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam
Indonesia, dengan menggunakan 5 variabel yang diduga menjadi motivasi calon
mahasiswa untuk memilih jurusan Ekonomi Islam. Pengukuran dilakukan dengan
mengadakan uji kuesioner dengan skala like likert (sangat setuju, setuju, tidak setuju,
sangat tidak setuju).
Dari pengolahan data diperoleh 2 faktor yaitu faktor dorongan keluarga dan
informasi dari brosur dan faktor prospek jurusan dan nama besar Universitas Islam
Indonesia. Kedua faktor tersebut terbentuk dari berdasarkan nilai eigenvalue yang
lebih dari 1 yaitu terbentuk 2 faktor dengan nilai variansi faktor pertama sebesar
56.445% dan faktor kedua sebesar 16.121%. Sehingga variansi yang disumbangkan
dari kedua faktor sebesar 71.00%, Dari kedua faktor yang terbentuk terdapat faktor
yang mempunyai pengaruh besar dalam memotivasi mahasiswa untuk memilih masuk
jurusan Ekonomi Islam Fakultas IlmuAgama Islam Universitas Islam Indonesia yaitu
karena faktor dorongan keluarga dan informasi dari brosur karena mempunyai skor
faktor sebesar 2.978, dibandingkan dengan factor prospek jurusan dan nama besar
Universitas Islam Indonesia dengan skorfaktor sebesar 2.668.
Kata Kunci: Analisis Faktor, variansi, skor faktor
Collections
- Industrial Engineering [2224]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Hubungan Antara Pengetahuandan Lingkungan Sosial Terhadap Perencanaan Keuangan Islam Pada Mahasiswa Ekonomi Islam Angkatan 2013&204 ( Studi Perbandingan Pada Universitas Islam Indonesia dan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga)
Aryanti, Rizki Dyah (Universitas Islam Indonesia, 2017-03-20)Financial planning is needed in daily life are used to determine the direction for managing finances. Most previous studies focused on managing family finances only, not much research on the private management for students. ... -
Hubungan antara Pengetahuan dan Lingkungan Sosial terhadap Perencanaan Keuangan Islam pada Mahasiswa Ekonomi Islam Angkatan 2013 & 2014 (Studi Perbandingan pada Universitas Islam Indonesia dan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga)
Aryanti, Rizki Dyah (Universitas Islam Indonesia, 2017)Financial planning is needed in daily life are used to determine the direction for managing finances. Most previous studies focused on managing family finances only, not much research on the private management for students. ... -
PENGARUH AKUN DAKWAH ISLAM DI INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU AGAMA ISLAM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA ANGKATAN 2017
Laily Navi’atul Farah, 15422058 (Universitas Islam Indonesia, 2019-09-24)Media sosial yang paling banyak digunakan saat ini adalah instagram. Berbagai macam informasi mudah didapatkan di instagram salah satunya informasi tentang keagamaan yang banyak disebarkan oleh akun dakwah yang memang ...