Show simple item record

dc.contributor.authorAditya Harigama, 02312052
dc.date.accessioned2020-07-17T03:49:26Z
dc.date.available2020-07-17T03:49:26Z
dc.date.issued2006
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/22625
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menguji apakah variabel-variabel keuangan dan signaling yang disajikan dalam prospektus penawaran saham berpengaruh secara signifikan terhadap penentuan harga saham (pasar) perusahaan sesudah Penawaran Umum Perdana (IPO). Penelitian ini dilakukan terhadap data sekunder. Populasinya adalah perusahaan yang melakukan IPO di BEJ antara tahun 2000- 2004. Dengan kriteria yang telah ditentukan diperoleh sebanyak 55 perusahaan sebagai sampel. Penelitian ini dilakukan karena studi menenai peranan informasi pada prospektus terhadap harga pasar saham di Indonesia hasilnya tidak konsisten. Adapun masalah yang akan diteliti adalah bagaimana pengaruh variabel keuangan dan signaling mempengaruhi penentuan harga pasar saham. Berdasarkan permasalahan dan kerangka pikir itu peneliti menguji hipotesis. Hipotesis Alternatif (HA) dirumuskan ''variabel-variabel keuangan dan signaling baik secara individu maupun secara serentak berpengaruh signifikan dalam menentukan harga pasar saham perusahaan yang melakukan IPO." Uji regresi linier berganda dilakukan untuk menguji hipotesis ini, dengan bantuan program SPSS. Uji Tuntuk menguji pengaruh variabel independen secara individu terhadap variabel dependennya. Sedangkan uji F digunakan untuk menguji pengaruh variabel-variabel independen secara simultan terhadap variabel dependen. Hasil analisis menunjukan bahwa pada hari pertama dan kedua variabel EPS perpengaruh signifikan 5% terhadap harga saham. Sedangkan variabel lain pada hari pertama sampai ketujuh tidak berpengaruh signifikan pada taraf 5% terhadap harga saham. Sedangkan pada uji Fmodel regresi yang digunakan cukup baik dan diperoleh Adjusted R-Square antara 0,159-0,251 yang berarti bahwa perubahan variabel dependen mampu dijelaskan sekitar 15,9% - 25,1% oleh variabel independen. Sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain diluar model. Penelitian ini masih belum sempurna mengingat variabel independen hanya 8 dan rentang waktu penelitian hanya 5 tahun. Kata kunci : Prospektus, Variabel Keuangan, Variabel Signaling, Harga Saham, Emiten, IPOen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectKeuangan dan Signalingen_US
dc.subjectPenentuan Harga Sahamen_US
dc.subjectBursa Efek Jakartaen_US
dc.subjectProspektusen_US
dc.subjectVariabel Keuanganen_US
dc.subjectVariabel Signalingen_US
dc.subjectHarga Sahamen_US
dc.subjectEmitenen_US
dc.subjectIPOen_US
dc.titlePengaruh Variabel-Variabel Keuangan dan Signaling terhadap Penentuan Harga Saham di Bursa Efek Jakartaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record