Perbedaan Strategi Kognitif Antara Mahasiswa Semester Awal dan Mahasiswa Semester Akhir Program Studi Kedokteran Program Sarjana Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia
Abstract
Strategi kognitif merupakan salah satu strategi belajar yang membantu seseorang memaksimalkan proses pembelajarannya. Terdapat beberapa komponen yaitu rehearsal, elaboration, organization, dan strategi metakognitif. Strategi kognitif dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya usia, tingkat pendidikan, kemampuan pemahaman dan faktor sosial maupun psikologis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan strategi kognitif mahasiswa semester awal dengan mahasiswa semester akhir.
Metode: Penelitian observasional dengan subyek mahasiswa semester awal (2018) dan akhir (2015) pada program studi kedokteran program sarjana di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia ini menggunakan pendekatan cross sectional. Data diperoleh dengan instrumen MSLQ (Motivated Strategies for Learning Questionnaire) yang memiliki 31 pertanyaan komponen strategi kognitif. Data dianalisis dengan uji Mann-Whitney.
Hasil: Partisipan (n=268) terdiri dari 119 mahasiswa semester awal dan 149 mahasiswa semester akhir. Nilai rerata strategi kognitif mahasiswa semester awal (mean: 137.77) lebih tinggi dibandingkan mahasiswa semester akhir (mean: 124.52). Perbedaan strategi kognitif tersebut signifikan (P=0.00<0,05). Rerata tiap komponen strategi kognitif mahasiswa semester awal juga lebih tinggi dari mahasiswa semester akhir. Mahasiswa semester awal lebih sering menggunakan berbagai macam strategi kognitif dalam kegiatan belajar.
Kesimpulan: Implementasi stretegi kognitif mahasiswa semester awal dan akhir berbeda. Semester awal mengimplementasikan strategi kognitif lebih baik dibanding semester akhir. Hal tersebut karena perkembangan strategi kognitif seseorang tidak hanya dipengaruhi faktor usia dan tingkat pendidikan. Faktor lain yang juga mempengaruhi penggunaanya adalah faktor sosial, psikologis, dan kemampuan pemahaman.
Collections
- Medical Education [2279]