Show simple item record

dc.contributor.authorSilvia Dewi Pusparini, 01512058
dc.date.accessioned2020-06-25T11:19:02Z
dc.date.available2020-06-25T11:19:02Z
dc.date.issued2005
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/21712
dc.description.abstractJogjakarta adalah sebuah kola pendidikan, dimana banyak sekali terdapat bangunan sekolah-sekolah baik mulai dari tingkat pra sekolah sampai ke tingkat perguruan tinggi. Perkembangan jaman yang begitu cepat merupakan dukungan faktor pendidikan dan teknologi yang semakin maju dan berkembang. Hal itu pula tidak lepas dari peran perkembangan dunia pendidikan yang dimulai dari sejak kecil, yang disebut dunia pra sekolah. Dengan dimulainya pendidikan pra sekolah / play group, anak akan mulai dididik dan berkembang. Dalam enam tahun pertama yang disebut The Golden Years, seorang anak mempunyai potensi yang sangat besar untuk berkembang. Karena itu, di masa-masa inilah anak seyogyanya mulai diarahkan menjadi manusia yang selain pintar juga berbudi pekerti. Di Jogjakarta sendiri sudah banyak kita jumpai sekolah pra sekolah/play group, akan tetapi fasilitas dan metode pembelajaran yang diterapkan kurang mewadahi aspek-aspek yang dibutuhkan anak dalam masa perkembangannya, sehingga anak kurang tereksplor. Indikasi tersebut sebenarnya merupakan langkah awal yang cukup bagus untuk menciptakan Child Care_ Center di Jogjakarta yang didalamnya terdapat fasilitas dan metode pembelajaran yang mewadahi dan memenuhi berbagai tuntunan kebutuhan berbagai kegiatan atau aktivitas anak, dengan memciptakan lingkungan yang aman dan nyaman terkait dengan karakter psikologis anak. Di dalam Child Care_Center ini selain sebagai tempat belajar dan bermain bagi anak, juga terdapat Klinik anak dan fasilitas-fasilitas pendukung lainnya (seperti: supermarket gallery anak, art and handycraff store, salon.dll). Metode pembelajaran yang diambil yaitu belajar dan bermain, sehingga dibutuhka ruang yang mampu menampung dan mewadahi aktivitas anak tersebut. Hal ini dapat dijelaskan dengan adanya layout ruang belajar disertai area belajar indoor dalam satu area. Selain itu terdapat pula fasilitas area tunggu bagi orang tua/pengasuh yang berada diruang terpisah dengan ruang kelas akan tetapi tetap secara langsung dapat melihat aktivitas anak. Konsep site dan lokasi Child Care_Cenfer di Jogjakarta terpilih di Jalan Timoho. Konsep perancangan bentuk dan citra visual bangunan dengan menggunakan karakter psikologis anak yaitu imajinasi (imajinatif) dan fantasi (fantastis), sehingga menciptakan karakter bentuk dan citra visual bangunan yang fantastis dan imajinatif. Karakter tersebut dapat tercipta dengan adanya transformasi bentuk fasad bangunan yang menyerupai bentuk casttle/kerajaan yang diambil dari cerita-cerita anak (putri salju, putri nirmala.dll) yaitu melalui bentukan kolom yang besar serta atap yang lancip dan bulat. Selain itu citra visual bangunan dapat diciptakan dengan adanya tekstur, gambar dinding maupun ornamen-ornamen pada fasad bangunan. Area bermain berada di indoor dan outdoor (semi open space yang berada di tengah bangunan yang menjadi pusat aktivitas).en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectChild Care _ Center di Jogjakartaen_US
dc.subjectPenekanan Bentuken_US
dc.subjectCitra Visual Bangunanen_US
dc.subjectFantastis dan Imajinatifen_US
dc.titleChild Care _ Center di Jogjakarta Penekanan Bentuk dan Citra Visual Bangunan yang Fantastis dan Imajinatifen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record