Child Care _ Center di Jogjakarta Penekanan Bentuk dan Citra Visual Bangunan yang Fantastis dan Imajinatif
Abstract
Jogjakarta
adalah sebuah kola pendidikan, dimana banyak sekali terdapat bangunan
sekolah-sekolah baik mulai dari tingkat pra sekolah sampai ke tingkat perguruan tinggi. Perkembangan
jaman yang begitu cepat merupakan dukungan faktor pendidikan dan teknologi yang semakin maju dan
berkembang. Hal itu pula tidak lepas dari peran perkembangan dunia pendidikan yang dimulai dari sejak
kecil, yang disebut dunia pra sekolah. Dengan dimulainya pendidikan pra sekolah / play group, anak akan
mulai dididik dan berkembang. Dalam enam tahun pertama yang disebut The Golden Years, seorang anak
mempunyai potensi yang sangat besar untuk berkembang. Karena itu, di masa-masa inilah anak seyogyanya
mulai diarahkan menjadi manusia yang selain pintar juga berbudi pekerti. Di Jogjakarta sendiri sudah
banyak kita jumpai sekolah pra sekolah/play group, akan tetapi fasilitas dan metode pembelajaran yang
diterapkan kurang mewadahi aspek-aspek yang dibutuhkan anak dalam masa perkembangannya, sehingga
anak kurang tereksplor. Indikasi tersebut sebenarnya merupakan langkah awal yang cukup bagus untuk
menciptakan Child Care_ Center di Jogjakarta yang didalamnya terdapat fasilitas dan metode
pembelajaran yang mewadahi dan memenuhi berbagai tuntunan kebutuhan berbagai kegiatan atau aktivitas
anak, dengan memciptakan lingkungan yang aman dan nyaman terkait dengan karakter psikologis anak.
Di dalam Child Care_Center ini selain sebagai tempat belajar dan bermain bagi anak,
juga terdapat Klinik anak dan fasilitas-fasilitas pendukung lainnya (seperti: supermarket gallery anak, art
and handycraff store, salon.dll). Metode pembelajaran yang diambil yaitu belajar dan bermain, sehingga
dibutuhka ruang yang mampu menampung dan mewadahi aktivitas anak tersebut. Hal ini dapat dijelaskan
dengan adanya layout ruang belajar disertai area belajar indoor dalam satu area. Selain itu terdapat pula
fasilitas area tunggu bagi orang tua/pengasuh yang berada diruang terpisah dengan ruang kelas akan tetapi
tetap secara langsung dapat melihat aktivitas anak.
Konsep site dan lokasi Child Care_Cenfer di Jogjakarta terpilih di Jalan Timoho. Konsep
perancangan bentuk dan citra visual bangunan dengan menggunakan karakter psikologis anak yaitu
imajinasi (imajinatif) dan fantasi (fantastis), sehingga menciptakan karakter bentuk dan citra visual
bangunan yang fantastis dan imajinatif. Karakter tersebut dapat tercipta dengan adanya transformasi bentuk
fasad bangunan yang menyerupai bentuk casttle/kerajaan yang diambil dari cerita-cerita anak (putri salju,
putri nirmala.dll) yaitu melalui bentukan kolom yang besar serta atap yang lancip dan bulat. Selain itu citra
visual bangunan dapat diciptakan dengan adanya tekstur, gambar dinding maupun ornamen-ornamen pada
fasad bangunan. Area bermain berada di indoor dan outdoor (semi open space yang berada di tengah
bangunan yang menjadi pusat aktivitas).
Collections
- Architecture [3648]