Show simple item record

dc.contributor.authorJeany Mutia Hussein, 00512046
dc.date.accessioned2020-06-25T11:17:36Z
dc.date.available2020-06-25T11:17:36Z
dc.date.issued2005
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/21709
dc.description.abstractTaman Kanak-Kanak Islam Terpadu di Yogyakarta merupakan sarana dan prasarana yang membantu perkembangan jasmani dan rohani untuk memperbaiki mutu pendidikan anak-anak dimasa yang akan datang. Upaya yang dilakukan untuk membantu perkembangan motorik, kognitif dan afektif, adalah dengan membuat tata ruang dan penampilan bangunan yang dapat menumbuhkan fantasi. Nilai fantasi tersebut diperoleh dengan melakukan studi kasus yaitu melalui ungkapan masa jamak yang dihubungkan dengan sirkulasi dan pola landscape, sirkulasi ruang luar yang memisahkan antar jalur kendaraan dan pejalan kaki, bentuk atap runcing yang bersudut lebih besar daripada 45'. Skematik desain diarahkan untuk menggali rancangan yang bernuansa fantasi. Skema perwilayahan kegiatan dialokasikan melalui pembagian bangunan menjadi masa privat yang meliputi area pengelola dan pendidikan. Sedangkan masa semi publik meliputi area service untuk ruangan makan bersama. Skema gubahan masa terbentuk dari pola sirkulasi ruangan dalam yang menyerupai gerakan ular, dengan orientasi bangunan menghadap ke dalam open space sebagai ruangan bermain outdoor. Skema sirkulasi ruang luar dibuat mengikuti bentuk masa dengan menggunakan pola linier dan radial. Entrance bangunan dibagi menjadi 2, main entrance berada di sebelah barat site dan side entrance berada pada sebelah selatan main entrance. Skema tata hijau diolah dengan meletakkan beberapa pohon acacia auriculiformis pada pinggiran site, pohon-pohon kecil pada pedestrian way dan perdu sebagai pembatas pedestrian way dengan taman bermain outdoor. Pohon adenium obesum, barlerina cristata, dan hibiscuc rosa sinensis diletakkan berdampingan pada simpul-simpul pedestrian way. Pengembangan desain adalah hasil akhir dari konsep fantasi yang telah disusun. Aplikasi tersebut diungkapkan melalui material atap transparan polikarbonat pada ruangan bermain indoor yang dapat memasukkan unsur outdoor kedalam indoor. Kombinasi warna cerah seperti kuning pada area pendidikan dan hijau pada area servise dapat membangkitkan perasaan gembira dan ceria. Transparansi/bukaan pada ruangan kelas secara spasial menghubungkan anak dengan taman binatang yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif mereka, sirkulasi ruangan yang menyerupai gerakan ular akan mendukung kemampuan motorik anak. Interior ruang drama yang memasukkan unsur-unsur kegiatan outdoor kedalam indoor memberikan pengenalan fantasi dunia luar dan sosial kepada anak-anak.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectTaman Kanak-Kanak Islam Terpadu di Yogyakartaen_US
dc.subjectPenekanan pada Konsep Perancanganen_US
dc.subjectTata Ruangen_US
dc.subjectPenampilan Bangunanen_US
dc.subjectDapat Menumbuhkan Fantasien_US
dc.titleTaman Kanak-Kanak Islam Terpadu di Yogyakarta Penekanan pada Konsep Perancangan Tata Ruang dan Penampilan Bangunan yang Dapat Menumbuhkan Fantasien_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record