Analisis Tingkat Pelayanan Lalu Lintas pada Persimpangan Barek - Kentungan Jalan Kaliurang Yogyakarta
Abstract
Bertambahnya pemilikan suatu jenis kendaraan maka harus diimbangi
dengan adanya prasarana jalan raya yang memadai agar pelayanan
jalan tersebut dapat sesuai dengan perencanaan dan umur rencana. Sesuai
dengan pembatasan masalah, maka yang kami tinjau adalah tingkat pela
yanan dan koordinasi antara persimpangan Barek - Kentungan yang berhubungan
dengan waktu penundaan.
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui tingkat pelayanan
pada persimpangan tersebut yang mengakibatkan tertundanya waktu perjalanan
sehingga biaya operasional menjadi meningkat. Juga memberikan
pemecahan masalah yang diarahkan pada pengaturan lampu lalu-lintas
dan pelebaran jalan pada daerah pendekat persimpangan tersebut.
Data yang dipakai dalam penelitian ini adalah volume lalu-lintas
jam sibuk di masing-masing kaki persimpangan dan kondisi lampu lalu lintas yang
ada sekarang.
Hasil analisis menunjukan tingkat pelayanan F dan tidak menunjukkan
adanya koordinasi yang baik, sehingga pemecahan masalah harus
dilakukan. Pemecahan masalah yang berupa pelebaran jalan pada lajur
pendekat, pengaturan ulang waktu hijau pada masing-masing persimpangan dan pelarangan parkir pada lajur pendekat persimpangan Barek
sebelah utara, menjadikan tingkat pelayanan dari F ke D pada persim
pangan Barek dan dari F ke E pada persimpangan Kentungan. Pemecahan
masalah tersebut menjadikan waktu penundaan rata-rata pada persim
pangan Barek 28,331 detik per kendaraan dan pada persimpangan
Kentungan 56,Q7 detik per kendaraan. Tetapi koordinasi antar lampu lalulintas
masih tetap seperti semula, dimana kendaraan yang bergerak
melewati phase hijau dari persimpangan Kentungan dengan kecepatan
konstan 45 km/jam, belum tentu bisa melewati persimpangan Barek tanpa
terhenti oleh lampu merah. Begitu juga dari arah yang berlawanan. Hal ini
dikarenakan panjang waktu putaran ("Cycle Time") lampu lalu-lintas pada
kedua persimpangan yang ada pada masing-masing persimpangan tidak
sama. Tetapi dari hasil-hasil diatas masih bisa memberikan prasarana
yang menunjang kelancaran arus lalu-lintas dan diharapkan untuk dapat
mengimbangi pertumbuhan lalu-lintas selama kurang lebih 1 tahun
mendatang.
Collections
- Civil Engineering [4205]