Show simple item record

dc.contributor.authorMarfu'ah Muliasari, 00511134
dc.contributor.authorIndah Purwati, 00511214
dc.date.accessioned2020-06-18T10:10:49Z
dc.date.available2020-06-18T10:10:49Z
dc.date.issued2005
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/21481
dc.description.abstractTerminal Induk Pemalang secara geografis mempunyai aksebilitas yang tinggi baik untuk hubungan lokal (dalam kota) maupun hubungan regional (luar kota). Pencapaian yang mudah ini dikarenakan Terminal Induk Pemalang berada di pusat kegiatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja terminal yang difokuskan pada kapasitas terminal, karakteritik dan tipe terminal yang berhubungan dengan time headway, waktu tunggu kendaraan, luasan ruang parkir, dan fasilitas yang ada di terminal. Penelitian dilakukan dengan cara pencacahan dan identifikasi yang kemudian hasil penelitin dianalisis menggunakan metode hitungan berdasarkan pedoman dari Direktorat Jendral Perhubungan Darat tahun 1994. Parameter utama yang harus ditetapkan untuk menentukan kebutuhan fasilitas parkir kendaraan adalah waktu tunggu kendaraan di dalam terminal dan headway. Dari analisis didapat headway rata-rata kendaran terbesar terjadi pada hari Rabu, untuk AKAP sebesar 3,97menit dan AKDP sebesar 3,24 menit Waktu tunggu rata-rata kendaraan terbesar untuk AKAP terjadi pada hari Minggu sebesar 9,21 menit dan waktu tunggu rata-rata kendaraan terbesar untuk AKDP terjadi pada hari Kamis sebesar 6,12 menit. Untuk luasan parkir dengan menggunakan nilai FPK rata-rata didapat kebutuhan luasan ruang parkir kendaraan sebesar 249,71 m², dan jika menggunakan nilai FPKi terbesar didapat kebutuhan luasan parkir kendaraan sebesar 417,5 m². Apabila dibandingkan dengan luasan ruang parkir yang ada sebesar 1.580 m², maka luas ruang parkir yang ada masih memadai untuk melayani kendaraan yang masuk di terminal tetapi apabila dibandingkan dengan luasan standarisasi terminal tipe A yang ditetapkan Departemen Perhubungan, luasan ruang parkir yang ada sekarang belum memenuhi standar. Luas keseluruhan Terminal Induk Pemalang sebesar 70.000 m² mempunyai luas ruang efektifyang ada sebesar 8.459,5 m² dan luas rung efektif hasil analisis sebesar 8.058 m², sehingga luas lahan efektifsaat ini masih memadai. Jika dihubungkan dengan PP No. 43 Th 1993 tentang prasarana dan lalu lintas jalan, maka secara keseluruhan belum semua fasilitas yang disyaratkan pada terminal tipe A ada di Terminal Induk Pemalang. Fasilitas yang sudah ada di Terminal Induk Pemalang saat ini antara lain ruang tunggu perkantoran dan administrasi, retribusi, loket, kamar mandi, musholla, ruang istirahat dan kios. Untuk menambah fasilitas yang belum ada di terminal saat ini antara lain yaitu ruang servis, ruang istirahat, gudang, ruang informasi, ruang pertolongan pertama dan pelataran parkir cadangan, maka dibuat layout pengembanganya dengan memanfatkan lahan yang sudah ada disebelah Selatan terminal dan areal bekas parkir ANGKOT dan ADES.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectEvaluasi Kinerja Terminal Induk Pemalangen_US
dc.titleEvaluasi Kinerja Terminal Induk Pemalangen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record