Evaluasi Kinerja Terminal Induk Pemalang
Abstract
Terminal Induk Pemalang secara geografis mempunyai aksebilitas yang
tinggi baik untuk hubungan lokal (dalam kota) maupun hubungan regional (luar
kota). Pencapaian yang mudah ini dikarenakan Terminal Induk Pemalang berada
di pusat kegiatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja terminal
yang difokuskan pada kapasitas terminal, karakteritik dan tipe terminal yang
berhubungan dengan time headway, waktu tunggu kendaraan, luasan ruang
parkir, dan fasilitas yang ada di terminal.
Penelitian dilakukan dengan cara pencacahan dan identifikasi yang
kemudian hasil penelitin dianalisis menggunakan metode hitungan berdasarkan
pedoman dari Direktorat Jendral Perhubungan Darat tahun 1994. Parameter
utama yang harus ditetapkan untuk menentukan kebutuhan fasilitas parkir
kendaraan adalah waktu tunggu kendaraan di dalam terminal dan headway.
Dari analisis didapat headway rata-rata kendaran terbesar terjadi pada
hari Rabu, untuk AKAP sebesar 3,97menit dan AKDP sebesar 3,24 menit Waktu
tunggu rata-rata kendaraan terbesar untuk AKAP terjadi pada hari Minggu
sebesar 9,21 menit dan waktu tunggu rata-rata kendaraan terbesar untuk AKDP
terjadi pada hari Kamis sebesar 6,12 menit. Untuk luasan parkir dengan
menggunakan nilai FPK rata-rata didapat kebutuhan luasan ruang parkir
kendaraan sebesar 249,71 m², dan jika menggunakan nilai FPKi terbesar didapat
kebutuhan luasan parkir kendaraan sebesar 417,5 m². Apabila dibandingkan
dengan luasan ruang parkir yang ada sebesar 1.580 m², maka luas ruang parkir
yang ada masih memadai untuk melayani kendaraan yang masuk di terminal
tetapi apabila dibandingkan dengan luasan standarisasi terminal tipe A yang
ditetapkan Departemen Perhubungan, luasan ruang parkir yang ada sekarang
belum memenuhi standar. Luas keseluruhan Terminal Induk Pemalang sebesar
70.000 m² mempunyai luas ruang efektifyang ada sebesar 8.459,5 m² dan luas
rung efektif hasil analisis sebesar 8.058 m², sehingga luas lahan efektifsaat ini
masih memadai. Jika dihubungkan dengan PP No. 43 Th 1993 tentang prasarana
dan lalu lintas jalan, maka secara keseluruhan belum semua fasilitas yang
disyaratkan pada terminal tipe A ada di Terminal Induk Pemalang. Fasilitas
yang sudah ada di Terminal Induk Pemalang saat ini antara lain ruang tunggu
perkantoran dan administrasi, retribusi, loket, kamar mandi, musholla, ruang
istirahat dan kios. Untuk menambah fasilitas yang belum ada di terminal saat ini
antara lain yaitu ruang servis, ruang istirahat, gudang, ruang informasi, ruang
pertolongan pertama dan pelataran parkir cadangan, maka dibuat layout
pengembanganya dengan memanfatkan lahan yang sudah ada disebelah Selatan
terminal dan areal bekas parkir ANGKOT dan ADES.
Collections
- Civil Engineering [4187]