Evaluasi Nilai Struktural dan Perancangan Tebal Lapis Tambahan (Overlay) (Studi Kasus Jalan Ring Road Selatan Sta 7+700 Sampai Dengan Sta 9+700)
Abstract
Jalan lingkar selatan merupakan jalan nasional dibangun dengan tujuan
untuk mengalihkan jalur kendaraan antar kota antar provinsi sehingga tidak
membuat kemacetan di kota Yogyakarta. Perkerasan jalan harus memiliki kinerja
pelayanan yang baik dan dari segi kondisi struktural jalan tersebut dapat
mendukung beban lalulintas yang melewatinya. Untuk mencapai tujuan tersebut,
perkerasan perlu dilakukan identifikasi kinerja perkerasan dan evaluasi kondisi
struktural perkerasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk identifikasi kinerja
perkerasan jalan dengan mencari nilai Present Serviceability Index (PSI),
evaluasi kondisi struktural perkerasan berdasarkan lendutan balik jalan dan
perancangan lapis keras tambahan (overlay).
Pengukuran PSI dilakukan pada tiap segmen, yaitu setiap 100 m panjang
jalan untuk Jalur Selatan maupun Jalur Utara jalan, sedangkan untuk mengukur
kondisi struktural perkerasan yaitu diukur lendutan balik yang terjadi pada ruas
jalan tersebut dengan menggunakan alat Benkelman Beam. Pengukuran lendutan
balik jalan dilakukan setiap 100 m panjang jalan untuk Jalur Selatan dan Jalur
Utara jalan, selanjutnya dan hasil pengukuran lendutan balik jalan dapat
dilentukan tebal overlay. Perancangan tebal overlay digunakan metode Bina
Marga 1983.
Dari hasil penelitian PSI Untuk Jalur Selatan jalan didapat nilai PSI
rata-rata sebesar 3,7762 dengan Rating GOOD, dan untuk Jalur Utara jalan
didapat nilai PSI rata-rata sebesar 3,7265 dengan rating GOOD. Hasil
pengolahan nilai lendutan balik, untuk Jalur Selatan jalan nilai lendutan balik
terbesar yaitu 1,44578 mm pada segmen 3 stasiun 8 +700 - 9 + 100, dan untuk
Jalur Utara jalan lendutan balik terbesar yaitu 1,789518 mm pada segmen 2
stasiun 8+200 - 8 + 600. karena lendutan yang terjadi pada jalan segmen 2 dan 3
telah melebihi lendutan yang diizinkan maka perlu diadakan overlay yaitu 5 cm
AC untuk segmen 2 dan 6 cm untuk untuk segmen 3. Untuk segmen-segmen yang
lain lendutan yang dihasilkan lebih kecil dan lendutan yang diizinkan sehingga
tidak perlu diberi overlay.
Collections
- Civil Engineering [4258]