Show simple item record

dc.contributor.authorWirawan, 95310140
dc.contributor.authorMartin Sumantri, 95310193
dc.date.accessioned2020-06-15T01:22:22Z
dc.date.available2020-06-15T01:22:22Z
dc.date.issued2003
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/21368
dc.description.abstractVolume lalulintas Kota Yogyakarla mengalami peningkalan setiap tahunnya yang diakibatkan bertambalmya jumlah kepemilikan kendaraan. Kemacetan pada Perempatan Patran merupakan salah satu dampak dan pertumbuhan lalulintas yang cukup tinggi dan belum berfungsinya sistem lalulintas secara baik. Dengan memperhatikan kondisi geometrik jalan, volume arus lalulintas , hambatan samping dan lingkungan simpang yang merupakan daerah komersil, maka dicoba untuk mengatasi dengan memanajemen simpang baik dengan manajemen simpang tak bersinyal maupun simpang bersinyal. Perencanaan menggunakan acuan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 dan program Excel 2001 untuk pengolahan data lalulintas. Data lalulintas diperoleh dan pencacahan jumlah kendaraan di lapangan yang dilakukan selama 3 hari pada jam-jam sibuk disajikan dalam bentuk tabel. Data Kendaraan dan kemudian dianalisis perilaku lalulintas simpang. Untuk simpang tak bersinyal dipakai USIG I II dan untuk simpang bersinyal SIG I V. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penggunaan lampu lalulintas yang dikombinasikan dengan pemasangan rambu larangan berhenti, pelebaran jalan dan pemakaian median merupakan altematif terbaik dalam memecahkan masalah kapasitas simpang pada perempatan Patran.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectAnalisis Simpang Empaten_US
dc.subjectSebidang Patranen_US
dc.subjectMenggunakan Manajemen Lalulintasen_US
dc.titleAnalisis Simpang Empat Sebidang Patran Dengan Menggunakan Manajemen Lalulintas (Studi Kasus)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record