Analisis Simpang Empat Sebidang Patran Dengan Menggunakan Manajemen Lalulintas (Studi Kasus)
Abstract
Volume lalulintas Kota Yogyakarla mengalami peningkalan setiap tahunnya
yang diakibatkan bertambalmya jumlah kepemilikan kendaraan.
Kemacetan pada Perempatan Patran merupakan salah satu dampak dan
pertumbuhan lalulintas yang cukup tinggi dan belum berfungsinya sistem lalulintas
secara baik. Dengan memperhatikan kondisi geometrik jalan, volume arus lalulintas ,
hambatan samping dan lingkungan simpang yang merupakan daerah komersil, maka
dicoba untuk mengatasi dengan memanajemen simpang baik dengan manajemen
simpang tak bersinyal maupun simpang bersinyal.
Perencanaan menggunakan acuan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI)
1997 dan program Excel 2001 untuk pengolahan data lalulintas. Data lalulintas
diperoleh dan pencacahan jumlah kendaraan di lapangan yang dilakukan selama 3
hari pada jam-jam sibuk disajikan dalam bentuk tabel. Data Kendaraan dan
kemudian dianalisis perilaku lalulintas simpang. Untuk simpang tak bersinyal
dipakai USIG I II dan untuk simpang bersinyal SIG I V. Dari hasil analisis dapat
disimpulkan bahwa penggunaan lampu lalulintas yang dikombinasikan dengan
pemasangan rambu larangan berhenti, pelebaran jalan dan pemakaian median
merupakan altematif terbaik dalam memecahkan masalah kapasitas simpang pada
perempatan Patran.
Collections
- Civil Engineering [4258]