Analisis Volume Arus Lalulintas Pada Jalan Pendekat Bundaran UGM Yogyakarta
Abstract
Sebagai bagian dari persimpangan jalan sebidang, bundaran (roundabout)
dapat dianggap sebagai kasus istimewa dari kanalisasi yang pulau ditengahnya
dapat bertindak sebagai pengontrol, pembagi dan pengarah bagi sistem lalulintas
berputar satu arah
Penelitian mi dilakukan untuk menghitung kapasitas bagian jalinan, derajat
kejenuhan, peluang antrian, rasio jalinan, dan tundaan bagian jalinan dengan
menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJl) 1997. Data
lalulintas diperoleh dari pencacahan lalulintas di lapangan yang dilakukan selama
duahari pada jam-jam sibuk.
Hasil analisis menggunakan acuan Manual Kapasitas Jalan Indonesia
(MKJI) 1997 dan software Microsoft excel diperoleh nilai Kapasitas dasar (Co)
rata-rata = 6338,6401 smp/jam, Kapasitas (C) rata-rata = 5597,0024 smp/jam,
tundaan (DT) rata-rata =2,50 det/smp, tundaan lalulintas total rata-rata = 4458,26,
derajat kejenuhan (DS) rata-rata =0,33, dan peluang antrian rata-rata =4%- 8%.
Dari hasil analisis ini disimpulkan bahwa peranan bundaran UGM saat ini sebagai
pengontrol, pembagi dan pengarah bagi arus lalulintas masih memiliki kelayakan
tanpa merubah geometrik simpang atau pemasangan lampu lalulintas.
Collections
- Civil Engineering [4205]