Show simple item record

dc.contributor.authorMuhammad Agung Ikanegara, 93310022
dc.contributor.authorFerry Agus Wibowo, 93310104
dc.date.accessioned2020-06-12T01:08:41Z
dc.date.available2020-06-12T01:08:41Z
dc.date.issued1999
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/21285
dc.description.abstractDengan semakin meningkatnya pertumbuhan jalan maka menuntut perkembangan teknologi dalam perkerasan, baik untuk jalan yang akan di bangun ataupun pemeliharaan jalan itu. Kualitas campuran sangat dipengaruhi oleh aspal dan agregat. Agregat sebagai bahan penyusun utama campuran juga ditentukan oleh gradasinya. Gradasi yang baik akan menjamin semakin baiknya nilai karakteristik dari perkerasan itu. Sebaliknya gradasi yang kurang tepat akan berpengaruh buruk terhadap campuran perkerasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyimpangan pada batas gradasi atas dan batas gradasi bawah, yang masih dapat digunakan dalam perkerasan. Dari penelitian ini dihitung nilai Stabilitas, kelelehan, VITM, VFWA, density dan Marshall Quotient. Dari hasil penelitian didapatkan hasil bahwa masing - masing gradasi mempunyai kelebihan dan kekurangan. Gradasi atas mempunyai nilai yang lebih baik pada nilai stabilitas, VITM, VFWA dan density. Gradasi tengah mempunyai nilai Marshall Quotient yang cukup. Gradasi bawah mempunyai angka flow yang cukup tinggi. Dengan melihat hasil penelitian terdapat kecenderungan untuk campuran dengan beban lalu - lintas yang berat menggunakan campuran pada gradasi tengah dengan kecenderungan ke gradasi atas. Sebaliknya untuk beban lalu - lintas sedang menggunakan campuran pada gradasi tengah dengan kecenderungan ke gradasi bawah.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectVariasi Gradasi Agregaten_US
dc.subjectAspal Cut Back MC 800en_US
dc.subjectLapisan Aspal Betonen_US
dc.titleVariasi Gradasi Agregat dengan Aspal Cut Back MC 800 untuk Lapisan Aspal Betonen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record