dc.description.abstract | Distribusi adalah serangkaian organisasi yang saling tergantung dan terlibat dalam
proses untuk menjadikan suatu barang atau jasa siap untuk digunakan atau
dikonsumsi. Secara garis besar, pendistribusian dapat diartikan sebagai kegiatan
pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian barang
dan jasa dari produsen kepada konsumen, sehingga penggunaannya sesuai dengan
yang diperlukan (jenis, jumlah, harga, tempat, dan saat dibutuhkan). Dengan kata
lain, proses distribusi merupakan aktivitas pemasaran yang mampu menciptakan nilai
tambah produk melalui fungsi-fungsi pemasaran yang dapat merealisasikan
kegunaan/utilitas bentuk, tempat, waktu, dan kepemilikan, Penelitian ini dilakukan
dengan tujuan menganalisa tingkat efisiensi kinerja perusahaan dalam memasarkan
kripik salak pada U.KM kripik Salak yang mempunyai input dan output yang
beragam secara kuantitatif dengan menggunakan metode Data Envelopment Analysis.
Sebagai parameter untuk analisis efisiensi adalah total harga jual, biaya transportasi,
biaya kurir, dan biaya telefon.
Dari hasil penelitian didapat bahwa terdapat satu toko yang tidak efisien dari empat
toko dalam pemasaran kripik dan dalam segi efisiensi teknis. Perbaikan yang dapat
dilakukan pada Toko Gemah Ripah 2 Sleman dengan nilai efisiensi sebesar
0.9995980 adalah dengan melakukan peningkatan biaya kurir sebesar 3,994 dan biaya
telefon sebesar 1,744. Dari penetapan perbaikan target tersebut diharapkan toko
Toko Gemah Ripah 2 Sleman dapat meningkatkan efisiensinya sehingga dapat
mencapai nilai efisiensi satu.
Kata kunci: Distribusi, efisiensi,, data envelopment analysis | en_US |