Aplikasi AHP (Analytical Hierarchy Process) dalam Pemilihan Metode Pengajaran Langsung (Direct Teaching) sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Proses Belajar Mengajar
Abstract
Metode mengajar merupakan cara-cara yang digunakan dalam
menyajikan bahan pelajaran kepada peserta didik untuk tercapainya tujuan
pengajaran yang telah ditetapkan. Agar tujuan pengajaran dapat diperoleh
secara optimal, kontribusi guru dan peserta didik sangat diperlukan dalam
penentuan metode pengajaran yang akan digunakan. Masalah pemilihan metode
mengajar merupakan model keputusan individual yang dapat diselesaikan dengan
metode Analytical Hierarchy Process (AHP), yaitu dengan menganalisis faktor-faktor
yang berpengaruh dalam pemilihan metode pengajaran langsung (direct
teaching). Untuk mengetahui hal tersebut tersebut diperlukan alat bantu
penelitian yaitu kuesioner. Dari hasil kuesioner kemudian dilakukan perhitungan
rasio konsistensi. Selanjutnya dihitung bobot prioritas dari masing-masing faktor.
Untuk mengetahui bobot prioritas masing-masing faktor pertimbangan, maka
dibuat suatu hirarki sederhana yang terdiri dari empat level yaitu goal atau
tujuan utama, atribut, sub atribut dan aliernatif. Adapun faktor-faktor yang
menjadi dasar pertimbangan dalam pemilihan metode pengajaran langsung
(direct teaching) adalah tujuan, materi, fasilitas, situasi, guru, dan peserta didik.
Akan tetapi faktor guru dan peserta didik disini tidaklah menjadi faktor yang
diperbandingkan, dikarenakan kedua faktor tersebut merupakan obyek yang
berhubungan dengan hasil penelitian. Dari hasil penelitian ini diketahui faktor
dominan yang berpengaruh dalam menentukan pilihan metode pengajaran
langsung (direct teaching) adalah tujuan dengan bobot prioritas sebesar 0.4502,
materi dengan bobot prioritas sebesar 0.2809, situasi dengan bobot prioritas
sebesar 0.1511, dan fasilitas dengan bobot prioritas sebesar 0.1178. Dalam hal
pemilihan metode pengajaran langsung (direct teaching) diketahui bahwa metode
pengajaran langsung (direct teaching) yang paling diminati oleh mahasiswa
adalah Pemetaan Konseptual dengan bobot prioritas global sebesar 0.2821.
Kata Kunci : AHP, Metode Mengajar, Pengambilan Keputusan
Collections
- Industrial Engineering [2224]