Analisis Pengaruh Keunggulan dan Keterbatasan Perusahaan terhadap Investment Opportunity Set(IOS) pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEJ
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan tambahan bukti
mengenai pengaruh keunggulan dan keterbatasan perusahaan terhadap
kesempatan pertumbuhan perusahaan (growth opportunities) yang diproksikan
dengan IOS. Penelitian ini merupakan replikasi dari penelitian terdahulu Pagalung
(2002). Beda penelitian ini dengan penelitian sebelumnya adalah, pada penelitian
ini menguji alternatif proksi IOS berupa rasio individual saja (rasio tunggal) yaitu
proksi pendekatan harga saham dengan rasio Market to Book value of Asset
(MBVA). Menurut Kallapur dan frombley (1999) dalam Fijrijanti (2000),
prospek pertumbuhan perusahaan terefleksi dalam harga saham. Variabel
independen yang diuji pengaruhnya terhadap growth opportunities adalah
profitabilitas, Price Earning Ratio, Sales Growth, Book Value, dan Size mewakili
keunggulan perusahaan dan leverage mewakili keterbatasan perusahaan.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kombinasi
keunggulan dan keterbatasan perusahaan terhadap kesempatan pertumbuhan
(growth opportunities) perusahaan. Variabel yang merepresentasikan keunggulan
perusahaan hanya variabel profitabilitas, PER, dan book value yang secara
signifikan berpengaruh terhadap growth opportunities. Sedangkan keterbatasan
perusahaan yang direpresentasikan variabel leverage secara signifikan
berpengaruh terhadap growth opportunities tetapi arah hubungannya positif,
bertentangan dengan hipotesa alternatif yang diajukan.
Kata Kunci: IOS, profitabilitas, PER, sales growth, book value, size, leverage.
Collections
- Akuntansi [4660]