MANAJEMEN STRATEGI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI JURUSAN PROGRAM KEAGAMAAN MAN 3 SLEMAN
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pada manajemen strategi dalam meningkatkan mutu pendidikan yang masih rendah. Fokus penelitian ini adalah menganalisa manajemen strategi dalam meningkatkan mutu pendidikan di jurusan Program Keagamaan dilihat dari aspek perencanaannya, pengorganisasiannya, pelaksanaannya, pengawasannya serta menganalisis langkah-langkah
strategimanajemen dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu menafsirkan dan menuturkan data yang bersangkutan dengan situasi yang sedang terjadi. Lokasi penelitian dilakukan di MAN 3 Sleman. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan keabsahan data. Analisis data
menggunakan analisis data model interaktif yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Manajemen strategi dalam meningkatkan mutu pendidikan di jurusan Program Keagamaan MAN 3 Sleman telah diselenggarakan oleh manajer (kepala madrasah). Manajemen harus
diimplementasikan dengan fungsi manajemen perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerak (actuating), dan pengawasan (controlling) yang saling berhubungan, tidak terpisahkan. (2) Langkah-langkah strategi manajemen jurusan Program Keagamaan MAN 3 Sleman telah melakukan upaya-upaya yang membangun jurusan Program Keagamaan kedepan sehingga mutu pendidikan dapat lebih baik dari yang sebelumnya.