PENGARUH INTERNET BANKING TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA
Abstract
Indonesia sebagai salah satu negara dengan pengguna ponsel terbesar di
dunia, yang mana jumlah ponsel lebih besar dari jumlah penduduknya. Hal ini
membuat bank-bank berlomba-lomba untuk berusaha memberikan layanan terbaiknya
kepada nasabah, salah satunya melalui layanan mobile banking. Penelitian ini
menguji apakah variabel persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, mempunyai
pengaruh langsung minat penggunaan internet banking. Dan variabel minat
penggunaan internet banking, konformitas, konsep diri (prestige) mempunyai
pengaruh langsung terhadap prilaku konsumtif. Sampel penelitian ini yaitu
mahasiswa di Universitas Islam Indonesia Yogyakarta yang menggunakan layanan
internet banking. Penelitian ini merupakan pengembangan dari penelitian sebelumnya
dengan menggunakan model TAM dan TPB. Data yang digunakan berupa data
primer yang berupa kuesioner yang disebarkan pada tahun 2019. Sebanyak 100
kuesioner diproses menggunakan SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan
persepsi kemudahan berpengaruh positif terhadap minat penggunaan internet
banking, persepsi kegunaan berpengaruh positif terhadap minat penggunaan interne
banking, penggunaan internet banking berpengaruh positif terhadap prilaku
konsumtif, konformitas berpengaruh positif terhadap prilaku konsumtif, dan konsep
diri (prestige) berpengaruh positif terhadap prilaku konsumtif.
Collections
- Akuntansi [4478]