STUDI PENERAPAN APPLICATION BASED LEARNING (ABL) TERHADAP PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI REAKSI REDOKS KELAS X SMAN 1 MLATI TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan penerapan pendekatan pembelajaran antara pendekatan Application Based Learning (ABL) dan pendekatan Theory Based Learning (TBL) terhadap prestasi belajar peserta didik, (2) Perbedaan penerapan pembelajaran antara pendekatan Application Based Learning (ABL) dan pendekatan Theory Based Learning (TBL) terhadap motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan desain penelitian Quasi Experimental Design dengan bentuk Posttest Only with Nonequivalent Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Mlati tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 3 kelas. Sampel diambil dengan teknik non probability sampling dengan purposivesampling sebanyak 2 kelas. Teknik pengumpulan data melalui metode tes yaitu tes obyektif untuk variabel prestasi belajar ranah pengetahuan dan metode non tes dengan instrument angket untuk variabel motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan Non Parametric Uji Mann-Whitney. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar ranah pengetahuan antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Application Based Leraning (ABL) dan peserta didik yang mengikuti pendekatan Theory Based Learning (TBL) pada materi reaksi reduksi dan oksidasi, (2) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada motivasi
belajar antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Application Based Learning (ABL) dan peserta didik yang mengikuti pendekatan Theory Based Learning (TBL).
Collections
- Chemistry [542]