PENGEMBANGAN GAME MENGHAFAL ASMAA’UL HUSNA DENGAN MENGGUNAKAN METODE FLASHCARD DENGAN LEITNER SYSTEM
Abstract
Game Edukasi memiliki pernanan penting dalam pendidikan, terlebih apabila ditujukan
untuk anak-anak usia dini. Pemanfaatan sarana teknologi didalamnya sangat membantu
dalam mengedukasi anak-anak usia dini. Pengaruh yang diberikan oleh game edukasi sangat
membantu belajar, mengenal dan memahami ilmu pengetahuan yang diajarkan di dalam
game. Dengan dikembangkannya game pembelajaran untuk menghafal Asmaa’ul Husna
dengan menggunakan flashcard dengan metode Leitner System, yang merupakan sebuah
metode dalam menghafal. Dengan didalamnya terdapat dua jenis pilihan untuk menghafal
Asmaa’ul Husna. Yang pertama Arab-Indonesia, yaitu pertanyaan berbahasa Arab dengan
jawaban arti dalam bahasa Indonesia. Dan yang kedua adalah Indonesia-Arab, dengan
pertanyaan berbahasa Indonesia dengan jawaban berbahasa Arab. Hasil yang didapatkan dari
pengembangan game adalah sebuah game dengan nama GEMAS (Game menghafal
Asmaa’ul Husna) yang memiliki tampilan menarik dan efek suara 99 Asmaa’ul Husna
sehingga mampu membantu anak-anak usia dini dalam belajar melafalkan 99 Asmaa’ul
Husna.
Collections
- Industrial Engineering [2227]