Show simple item record

dc.contributor.advisorDhomas Hatta Fudholi, S.T., M.Eng., Ph.D.
dc.contributor.advisorAndhika Giri Persada, S.Kom., M.Eng.
dc.contributor.authorMuhammad Syihabudin Sholeh, 15523076
dc.date.accessioned2020-05-04T08:52:42Z
dc.date.available2020-05-04T08:52:42Z
dc.date.issued2020-01-11
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/20161
dc.description.abstractSistem Informasi Surat Online (SISO) FTI merupakan sistem informasi yang dikembangkan oleh Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Islam Indonesia (UII) dengan tujuan memudahkan administrasi surat. Mahasiswa dapat melakukan pengajuan proses pemesanan surat secara online, dari manapun dan kapanpun menggunakan perangkat yang dimiliki. Di era perkembangan Industry 4.0, seluruh instansi maupun perusahaan dituntut untuk terus melakukan berbagai inovasi. Kecepatan pengolahan data dan penyampaian informasi yang cepat dan akurat serta didukung dengan penerapan sistem yang optimal akan menjadi kelebihan tersendiri yang harus dimiliki bagi setiap instansi pendidikan. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) untuk mengoptimalkan kinerja sebuah sistem. Artificial Intelligence (AI) adalah kecerdasan buatan yang telah ditanam dalam sebuah sistem dimana sistem tersebut dimasukan dalam suatu mesin agar dapat membantu manusia untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaannya. Salah satu contoh implementasi dari sistem AI adalah chatbot. Berdasarkan permasalahan yang telah dijelaskan di atas, penulis mencoba untuk berinovasi membuat sebuah aplikasi chatbot untuk pengajuan proses pemesanan surat di Fakultas Teknologi Industri - Universitas Islam Indonesia (FTI-UII). Pengembangan aplikasi chatbot sendiri menggunakan layanan-layanan yang telah tersedia, layanan pengolahan bahasa alami untuk membuat chatbot menggunakan chatbot framework yaitu Rasa.AI dengan bahasa pemrograman Python, serta untuk platform komunikasi menggunakan aplikasi berbasis Android yang dibuat menggunakan React-Native dengan bahasa pemrograman Java, kemudian untuk REST API dibuat menggunakan framework Lumen dengan bahasa pemrograman PHP dan untuk database menggunakan MySQL. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, penulis berhasil membuat sebuah aplikasi chatbot yang terintegrasi dengan sistem informasi surat online. Chatbot yang penulis buat mampu merespon masukkan pengguna yang sesuai dengan tugas atau konteks yang telah penulis tentukan dan juga chatbot memiliki kemampuan untuk melakukan automasi layanan untuk pengajuan pemesanan surat yang dilakukan oleh mahasiswa.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectsistem informasi surat onlineen_US
dc.subjectartificial intelligenceen_US
dc.subjecthatboten_US
dc.titleAPLIKASI CHATBOT UNTUK PENGAJUAN PROSES PEMESANAN SURAT DI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record