APLIKASI CHATBOT UNTUK PENGAJUAN PROSES PEMESANAN SURAT DI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
Abstract
Sistem Informasi Surat Online (SISO) FTI merupakan sistem informasi yang
dikembangkan oleh Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Islam Indonesia (UII)
dengan tujuan memudahkan administrasi surat. Mahasiswa dapat melakukan pengajuan proses
pemesanan surat secara online, dari manapun dan kapanpun menggunakan perangkat yang
dimiliki.
Di era perkembangan Industry 4.0, seluruh instansi maupun perusahaan dituntut untuk
terus melakukan berbagai inovasi. Kecepatan pengolahan data dan penyampaian informasi
yang cepat dan akurat serta didukung dengan penerapan sistem yang optimal akan menjadi
kelebihan tersendiri yang harus dimiliki bagi setiap instansi pendidikan. Salah satunya dengan
memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) untuk mengoptimalkan
kinerja sebuah sistem. Artificial Intelligence (AI) adalah kecerdasan buatan yang telah ditanam
dalam sebuah sistem dimana sistem tersebut dimasukan dalam suatu mesin agar dapat
membantu manusia untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaannya. Salah satu contoh
implementasi dari sistem AI adalah chatbot.
Berdasarkan permasalahan yang telah dijelaskan di atas, penulis mencoba untuk
berinovasi membuat sebuah aplikasi chatbot untuk pengajuan proses pemesanan surat di
Fakultas Teknologi Industri - Universitas Islam Indonesia (FTI-UII). Pengembangan aplikasi
chatbot sendiri menggunakan layanan-layanan yang telah tersedia, layanan pengolahan bahasa
alami untuk membuat chatbot menggunakan chatbot framework yaitu Rasa.AI dengan bahasa
pemrograman Python, serta untuk platform komunikasi menggunakan aplikasi berbasis
Android yang dibuat menggunakan React-Native dengan bahasa pemrograman Java, kemudian
untuk REST API dibuat menggunakan framework Lumen dengan bahasa pemrograman PHP
dan untuk database menggunakan MySQL.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, penulis berhasil membuat sebuah aplikasi
chatbot yang terintegrasi dengan sistem informasi surat online. Chatbot yang penulis buat
mampu merespon masukkan pengguna yang sesuai dengan tugas atau konteks yang telah
penulis tentukan dan juga chatbot memiliki kemampuan untuk melakukan automasi layanan
untuk pengajuan pemesanan surat yang dilakukan oleh mahasiswa.
Collections
- Informatics Engineering [2148]