Show simple item record

dc.contributor.advisorGalang P Mahardhika, S.Kom., M.Kom.
dc.contributor.advisorArrie Kurniawardhani, S.Si., M.Kom.
dc.contributor.authorRiefky Fadel, 15523052
dc.date.accessioned2020-05-04T08:45:33Z
dc.date.available2020-05-04T08:45:33Z
dc.date.issued2019-11-13
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/20160
dc.description.abstractAkidah akhlak di Sekolah Dasar (SD) merupakan salah satu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang sangatlah penting dalam mengajarkan segi-segi kepercayaan (keimanan) dan tingkah laku (sikap) kepada anak didik. Namun, kenyataannya dari hasil observasi yang dilakukan di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Hidayatullah, minat siswa terhadap proses pembelajaran mata pelajaran Akidah Akhlak berkurang. Berkurangnya ketertarikan siswa terhadap proses pembelajaran akidah akhlak disebabkan kurangnya interaksi dalam melibatkan siswa untuk pemecahan masalah. Maka dibutuhkan media dan alternatif pendekatan lain dalam proses pembelajaran materi akidah akhlak yang dapat meningkatkan minat ketertarikan siswa. Melihat permasalahan diatas, dibutuhkan media alternatif yang dikemas secara menarik, sehingga dapat menumbuhkan rasa ketertarikan siswa dalam mempelajari materi akidah akhlak dengan cara yang menyenangkan, yakni dengan mengembangkan alternatif pembelajaran berbasis media digital. Salah satu pembelajaran berbasis digital yang dapat dimanfaatkan adalah permainan atau gim. Agar siswa dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran yang disajikan, mampu mengolah problem solving, dan materi yang dipelajari akan lebih lama membekas karena siswa dilibatkan dalam proses menemukannya , maka pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan guided discovery. Penelitian ini berfokus pada pengembangkan gim edukasi Akidah akhlak dengan pendekatan guided discovery yang dapat diterima dengan baik oleh siswa kelas 3 SD. Fokus yang kedua adalah mengembangkan gim edukasi Akidah akhlak dengan konten materi yang sesuai dengan pembelajaran Akidah akhlak siswa kelas 3 SDIT Hidayatullah. Pengujian pada penelitian ini dilakukan dengan metode observasi dan wawancara terhadap siswa kelas 3 dan guru SDIT Hidayatullah. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa gim edukasi Akidah akhlak dengan pendekatan Guided Discovery yang telah dibangun sudah dapat diterima dengan baik oleh siswa kelas 3 Sekolah Dasar. Materi yang disampaikan pada gim edukasi Akidah akhlak dengan pendekatan Guided Discovery ini sudah sesuai dengan pembelajaran akidah akhlak siswa kelas 3 SDIT Hidayatullah Yogyakarta.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectAkidah Akhlaken_US
dc.subjectGim edukasien_US
dc.subjectGuided Discoveryen_US
dc.titlePENGEMBANGAN GIM EDUKASI AKIDAH AKHLAK UNTUK SISWA SD MENGGUNAKAN PENDEKATAN GUIDED DISCOVERYen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record