PENGEMBANGAN GIM EDUKASI AKIDAH AKHLAK UNTUK SISWA SD MENGGUNAKAN PENDEKATAN GUIDED DISCOVERY
Abstract
Akidah akhlak di Sekolah Dasar (SD) merupakan salah satu mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam (PAI) yang sangatlah penting dalam mengajarkan segi-segi kepercayaan
(keimanan) dan tingkah laku (sikap) kepada anak didik. Namun, kenyataannya dari hasil
observasi yang dilakukan di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Hidayatullah, minat siswa
terhadap proses pembelajaran mata pelajaran Akidah Akhlak berkurang. Berkurangnya
ketertarikan siswa terhadap proses pembelajaran akidah akhlak disebabkan kurangnya interaksi
dalam melibatkan siswa untuk pemecahan masalah. Maka dibutuhkan media dan alternatif
pendekatan lain dalam proses pembelajaran materi akidah akhlak yang dapat meningkatkan
minat ketertarikan siswa.
Melihat permasalahan diatas, dibutuhkan media alternatif yang dikemas secara menarik,
sehingga dapat menumbuhkan rasa ketertarikan siswa dalam mempelajari materi akidah akhlak
dengan cara yang menyenangkan, yakni dengan mengembangkan alternatif pembelajaran
berbasis media digital. Salah satu pembelajaran berbasis digital yang dapat dimanfaatkan
adalah permainan atau gim. Agar siswa dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran yang
disajikan, mampu mengolah problem solving, dan materi yang dipelajari akan lebih lama
membekas karena siswa dilibatkan dalam proses menemukannya , maka pendekatan yang
digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan guided discovery. Penelitian ini berfokus pada
pengembangkan gim edukasi Akidah akhlak dengan pendekatan guided discovery yang dapat
diterima dengan baik oleh siswa kelas 3 SD. Fokus yang kedua adalah mengembangkan gim
edukasi Akidah akhlak dengan konten materi yang sesuai dengan pembelajaran Akidah akhlak
siswa kelas 3 SDIT Hidayatullah.
Pengujian pada penelitian ini dilakukan dengan metode observasi dan wawancara terhadap
siswa kelas 3 dan guru SDIT Hidayatullah. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan
diperoleh hasil bahwa gim edukasi Akidah akhlak dengan pendekatan Guided Discovery yang
telah dibangun sudah dapat diterima dengan baik oleh siswa kelas 3 Sekolah Dasar. Materi
yang disampaikan pada gim edukasi Akidah akhlak dengan pendekatan Guided Discovery ini
sudah sesuai dengan pembelajaran akidah akhlak siswa kelas 3 SDIT Hidayatullah Yogyakarta.
Collections
- Informatics Engineering [2148]