GAME UNTUK CRIME SCENE INVESTIGATION (STUDI KASUS DIGITAL EVIDENCE)
Abstract
Seiring dengan perkembangan zaman para pelaku kriminalitas menggunakan teknologi
sebagai media untuk melakukan tindak kejahatannya, contohnya seperti telepon genggam,
komputer, dan lain sebagainya. Kemudian dengan adanya teknologi atau barang elektronik
tersebut sebagai sarana tindak kejahatan dapat menghasilkan jejak kriminalitas yang disebut
barang bukti digital. Maka dengan adanya barang bukti digital dapat memberikan petunjuk
mengenai kejahatan yang dilakukan oleh para pelaku tindak kriminalitas. Kemudian apa yang
terjadi bila seorang mahasiswa Informatika Forensika Digital tidak mengetahui seluk beluk
tentang investigasi barang bukti digital. Untuk itu perlu adanya penjelasan dan simulasi sebagai
sarana atau media pembelajaran yang nantinya wawasan yang ada mengenai investigasi barang
bukti digital lebih mudah tersampaikan.
Oleh karena itu dibuatlah sarana untuk menjelaskan cara melakukan penyidikan atau
menginvestigasi tempat kejadian perkara untuk penanganan barang bukti digital dengan
menggunakan game sesuai dengan kaidah forensika digital. Game dikembangkan berdasarkan
pada model investigasi forensika digital yang dikemukakan oleh Jones & Valli dari Elsevier,
Inc tahun (2009), yaitu terdapat tahapan proses penyelidikan seperti Evidence Collection,
Evidence Preservation, Evidence Analysis dan Evidence Presentation. Untuk perancangan
desain menggunakan diagram HIPO (Hierarchy Plus Input Process Output), Activity Diagram
dan Perancangan antarmuka. Pengembangan Game untuk Crime Scene Investigation
menggunakan UNITY 3D dan MakeHuman menggunakan bahasa pemrograman C# serta
untuk perancangan pengujian menggunakan kuesioner kepada mahasiswa pascasarjaa Program
Studi Informatika Universitas Islam Indonesia.
Hasil penelitian Game untuk Crime Scene Investigation yang diimpelementasikan kepada
mahasiswa pascasarjana Program Studi Informatika Universitas Islam Indonesia yang sudah
memiliki cukup pemahaman dalam dunia digital forensik menghasilkan kesimpulan bahwa
game ini dapat dijadikan sebagai sarana pembelajaran dan media berlatih karena wawasan yang
ada dapat lebih mudah untuk dipahami dan disampaikan.
Collections
- Informatics Engineering [2148]