Pengaruh Penggunaan Retona B6060 terhadap Karakteristik Marshall pada Campuran HRA
Date
2005Author
Muhammad Zuhri Firdian, 98511206
Tutut handayani, 98511028
Metadata
Show full item recordAbstract
Hot RolledAsphalt adalah jenis dari perkerasan lentur jalan raya yang merupakan
campuran agregat dan aspal dengan menggunakan gradasi timpang dan dicampur dalam
keadaan panas yang digunakan sebagai lapis permukaan
Karakteristik permukaan banyak dipengaruhi oleh bahan susun campuran dan
cara pelaksanaan pembuatannya, yaitu pada saat pencampuran, penghamparan, dan
pemadatannya.
Dalam penelitian ini digunakan substitude Retona B6060 yang berbentuk mastic
lunak yang dimasukkan kedalam campuran HRA dengan maksud untuk meningkatkan
nilai stabilitas, sehingga memperkecil terjadinya deformasi. Kadar Retona ini di variasikan
dari 5%, 10%, dan 15% dari berat campuran sample, sedangkan kadar aspal yang
digunakan adalah kadar aspal optimum 5,91% dalam campuran HRA. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode Marshall Test yang hasilnya akan
dibandingkan dengan spesifikasi dari Bina Marga 1987.
Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Jalan Raya Fakultas Teknik Sipil dan
Perencanaan Universitas Islam Indonesia.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Retona B6060 dengan variasi 5% s.d. 15%
dalam campuran HRA mampu meningkatkan nilai stabilitas sebesar 6,36% sampai
dengan 11,92%, untuk nilai Flow cenderung mengalami penurunan dibanding dengan
campuran tanpa Retona.
Dari penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa campuran dengan menggunakan
substitude Retona B6060 bagus untuk perkerasan lalu lintas tingkat tinggi.
Collections
- Civil Engineering [4199]