Show simple item record

dc.contributor.authorAchmad Safei, 91310140
dc.contributor.authorBudi Kurnianto, 91310190
dc.date.accessioned2020-04-16T13:18:20Z
dc.date.available2020-04-16T13:18:20Z
dc.date.issued1998
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/19459
dc.description.abstractPerecanaan Perkerasan lentur jalan raya di Indonesia tidak diperhitungkan terhadap kondisi lama pembebanan. Lama pembebanan pada ruas jalan mempengaruhi karaktenstik dan tebal perkerasannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui panjang efektif lapis pembeda berdasarkan lama pembebanannya. Penelitian ini tidak menganalisis penyebab kerusakan Lokasi penelitian dilakukan pada persimpangan berlampu lalu lintas pada jalan arteri lingkar Utara Yogyakarta pada persimpangan ini lalu lintasnya cukup padat dengan waktu pembebanan cukup lama. Metode pada penelitian ini dilakukan dengan cara pengamatan dan pengukuran langsung di lapangan untuk menentukan panjang efektif lapis pembeda dan lama pembebanannya. Panjang efektif ditentukan berdasarkan panjang antrian kendaraan yang lolos dalam satu siklus lampu lalu lintas saat arus jenuh dan panjang akselerasi kendaraan untuk mencapai kecepatan normal (±50 km/jam) dari keadaan berhenti. Lama pembebanan dibagi menjadi dua, yaitu lama pembebanan singkat berdasarkan kecepatan dan lama pembebanan panjang berdasarkan waktu merah dan keterlambatan kendaraan dalam bergerak ("starting loss time"). Hasil penelitian tersebut kemudian dianalisis untuk menentukan tebal perkerasan dengan menggunakan metode SHELL 1978 yang memperhitungkan nilai kekakuan ("stiflhess modulus") berdasarkan lama pembebanannya. Dari hasil penelitian didapat rata-rata panjang efektif berkisar antara 70-75 meter dengan lama pembebanan singkat 0,012 detik (V=60 Km/jam) dan lama pembebanan panjang 110 detik berdasarkan waktu periode lampu menyala merah (105 detik) dan starting loss time 5detik. Analisis tebal perkerasnnya didapat pada lama pembebanan 110 detik dibutuhkan tebal 15 cm sedangkan pada lama pembebanan 0,012 detik dibutuhkan tebal 6 cm.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPanjang Efektifen_US
dc.subjectLapis Pembeda Yang Diperlukanen_US
dc.subjectPersimpangan Berlampu Lalu Lintasen_US
dc.subjectJalan Arteri Lingkar Utara Yogyakartaen_US
dc.titlePanjang Efektif Lapis Pembeda yang Diperlukan pada Persimpangan Berlampu Lalu Lintas pada Jalan Arteri Lingkar Utara Yogyakartaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record