Sekolah Disain Komunikasi Visual di Samarinda Karakter Animasi 2D sebagai Landasan Perancangan Massa dan Penampilan Bangunan
Abstract
Sciring pesatnya kemajuan zaman baik didasari atau tidak sebenarnya dunia Disain sudah mampu
menyentuh liampir semua aspek kehidupan dan segala lapisan masyarakat. Balikan di era sekarang ini yang serba
kompetitif dunia disain masilt tetap memiliki prospek cerah. apalagi didukung oleh kemajuan dan terobosan baru
di dunia IT
Sehingga untuk dapal menghadapinya manusia berusaha dengan cara mencari keterampilan dan
pendidikan dengan tujuan untuk dapat beradaptasi dan dapat mengaktualisasikan diri ke dalam dunia kerja dalam
bidang disain ini.
Dikarenakan lembaga atau kampus dalam bidang disain hanya ada di daerah jawa. Sumatra dan Bali
saja. sehingga putra - putra daerah yang ingin belajar mengenai disain gratis terpaksa harus pergi ke luar daerah.
Samarinda sebagai ibukota dari propinsi Kalimantan Timur yang selain berfungsi sebagai pusat pemerintahan
namun juga merupakan pusat pendidikan harus dapat menangkap prospek akan dibutuhkannya suatu lembaga atau
kampus dalam bidang disain. Dimana lulusannya nanti diharapkan dapat memberikan kontribusinya kepada daerah
dalam dunia kerja dan juga diharapkan dapat memajukan daerah dalam bidang disain grafis agar tidak tertinggal
dari daerah lain.
Animasi adalah salah satu bagian dari program pembelajaran dari disain komunikasi visual atau seni
frafis. Animasi terbagi terbagi menjadi 3 kategori yaitu :
• Stop - motion animation
• 2D animation atau traditional animation
• 3D animation atau computer animation
Yang akan dijadikan sebagai konsep perancangan bentuk masa bangunan dan penampilan bangunan adalah 2D
animation, dikarenakan dari sifatnya yang tradisional tersebut mengharuskan dalam proses pembuatannya dengan
cara manual, dalam hal ini adalah menggambar. Didalam 2D animasi memiliki lima karakter utama yaitu antara
lain:
• Character Development
• Character Movement
• Animation
• Dialogue
• Technical
Dari kelima karakter utama tersebut dapat dikategorikan menjadi dua karakter yaitu kedinamisan dan
keekspresifan. namun setelah mengamati karya - karya animasi 2D yang ada maka akan diperoleh beberapa
karakter tambahan yaitu proporsional. seimbang. modern kubistis/ kotak. warna yang ceria dan terang, sehingga
didapatkan beberapa karakter yang akan diterapkan sebagai konsep perancangan bentuk masa bangunan dan
penampilan bangunan adalah :
• Proporsional dan Seimbang
• Moderen
• Kubistis/kotak
• Dinamis dan Ekspresif
• Warna yang Ceria dan Terang
Collections
- Architecture [3658]