dc.description.abstract | Konstruksi lapis permukaan jalan yang banyak
digunakan pada saat ini adalah konstruksi lapis tipis
beton aspal ( Hot Rolled Sheet .) , dikerjakan secara
panas ( Hot Mix) pada tahap pencampuran, penghamparan
da n pemadatan -
Bahan susun Hot Rolled Sheet adalah apregat
( batuan ) dengan gradasi tertentu yang merupakan
gradasi celah dan bitumen ( aspal ) dengan kadar ter
tentu, Untuk mencapai stabilitas yang maksimum maka
haruslah ditentukan kadar aspal yang optimum. Dalam
penelitian ini kadar pasir yang digunakan adalah 35 % -
55 %, sedangkan kadar aspal yang digunakan adalah 5 %
dan 6%, Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah cara pemeriksaan dengan alat Marshall (ASTM D-
1559-62T ) dan hasilnya mengacu pada persyaratan dari
Bina Marga.
Dari hasil penelitian diperoleh hahwa kadar pasir
yang memenuhi syarat nilai VIM, VFWA, stbilitas. Flow
dan Marshall Quotient , adalah kadar aspal 5 % yang
hasilnya sebesar ; 45 %, Sedangkan untuk kadar aspal. 6
% tidak memenuhi persyaratan untuk nilai VIM dan VFWA
namun untuk nilai stabilitas, Flow dan Marshall Quo
tient hasilnya memenuhi persyaratan Bina Marga. | en_US |