Show simple item record

dc.contributor.authorAndri Wibowo, 01312438
dc.date.accessioned2020-03-03T05:51:39Z
dc.date.available2020-03-03T05:51:39Z
dc.date.issued2005
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/18545
dc.description.abstractPcnclitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beberapa variabel keuangan dan selisih nilai nominal saham dengan harga saham perdana perusahaan, berpengaruh terhadap harga saham perusahaan pada hari pertama dan hari ke dua puluh di pasar sekunder. Variabel keuangan yang dipakai dalam penelitian ini adalah return on investment (ROI), return on equity (ROE), dan earning per share (EPS). Sedangkan variabel yang dipengaruhi pada penelitian ini adalah harga saham perusahaan pada hari pertama dan hari ke dua puluh di pasar sekunder. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari Bursa Efek Jakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling, yaitu perusahaan yang melakukan initial public offering (IPO) selama kurun waktu tahun 2002, 2003, dan 2004. Dari pengumpulan data, diperoleh sampel sebanyak 40 perusahaan, yaitu seluruh perusahaan yang melakukan listing dari awal tahun 2002 hingga akhir tahun 2004. Hasil uji asumsi klasik yang terdiri dari uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas menunjukkan bahwa data yang dipakai dalam penelitian ini berdistribusi normal, tidak menujukkan adanya gejala heteroskedastik maupun multikolinieritas, sehingga dengan demikian hasil pengujian hipotesis yang akan dilakukan dupat dikatakan sahih. Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis menggunakan regresi linier berganda dengan nilai signifikansi (a) sebesar 5%. Hasil uji t menunjukkan bahwa dari keempat variabel independen yaitu ROE, ROI, EPS, dan Selisih Harga Perdana, terdapat satu variabel yang secara signifikan mempengaruhi harga saham perusahaan pada hari pertama dan hari ke dua puluh di pasar sekunder, yaitu variabel Selisih harga Perdana. Sedangkan tiga variabel bebas lain, yaitu ROE, ROI dan EPS tidak signiftkan dalam mempengaruhi harga saham perusahaan pada hari pertama dan hari ke dua puluh di pasar sekunder. Melalui uji F statistik, variabel independen secara serentak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen pada α = 5 %.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectAnalisis Faktoren_US
dc.subjectFaktor yang Mempengaruhi Perubahan Harga Sahamen_US
dc.subjectPerusahaanen_US
dc.subjectSetelah Penawaran Umum Perdanaen_US
dc.titleAnalisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perubahan Harga Saham Perusahaan Setelah Penawaran Umum Perdanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record