dc.description.abstract | Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan persepsi mahasiswa akuntansi perguruan tinggi negeri dan mahasiswa akuntansi perguruan tinggi swasta di Daerah lstimewa Yogyakarta terhadap profesi akuntan publik. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah diadopsi dari variabel yang membentuk profesionalisme suatu profesi Novin dan Tucker (1993) dalam Machfoedz (1999) yang terdiri atas komponen pengetahuan (pengetahuan umum, pengetahuan bisnis, dan pengetahuan akuntansi), komponen keterampilan (thinking skill, problem-solving skill, listening skill, writing skill, computer skill, dan interpersonal skill), dan komponen etika.
Hipotesis yang diajukan penulis adalah Ada perbedaan persepsi antara mahasiswa akuntansi perguruan tinggi negeri dan mahasiswa akuntansi perguruan tinggi swasta di Daerah Istimewa Yogyakarta terhadap profesi akuntan publik. Sampel penelitian berjumlah 232 mahasiswa yang tersebar pada Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Universitas Islam Indonesia, dan Universitas Teknologi Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dan arsip tertulis yang dibukukan. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik uji-T dengan program SPSS 10.00 for windows.
Hasil analisis data berdasarkan uji-T menunjulcan bahwa Trurung = 2,180 > Ttabel = 1,97 yang berarti terdapat perbedaan persepsi antara mahasiswa akuntansi perguruan tinggi negeri dengan mahasiswa akuntansi perguruan tinggi swasta di Daerah Istimewa Yogyakarta terhadap profesi akuntan publik. Sedangkan apabila dilihat berdasarkan niJai mean, persepsi mahasiswa akuntansi perguruan tinggi negeri (3,58) terhadap profesi akuntan publik lebih baik daripada mahasiswa akuntansi perguruan tinggi swasta (3,32). Dengan demikian hipotesis yangdiajukan oleh penulis terbukri.
Kata kunci ; Persepsi, Mahasiswa Akuntansi, Profesi akuntan publik | en_US |