SISTEM ZONASI: SCHOOL WELL-BEING DITINJAU DARI DUKUNGAN SOSIAL PADA SISWA SMA DI KOTA YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dan
school well-being pada siswa SMA yang terkena zonasi. Penelitian ini
menggunakatuy87n metode kuantitatif dengan skala Likert. Subjek penelitian ini
adalah 230 siswa SMA terdiri dari 74 laki-laki dan 156 perempuan dengan rentang
usia 14 sampai 19 tahun. Pengukuran variabel school well-being dalam penelitian
ini didasarkan pada teori Konu, Alanen, Lintonen, dan Rimpela, (2002), sedangkan
variabel dukungan sosial menggunakan teori Zimet dkk (1998) menggunakana
skala Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS). Metode
analisis data yang dilakukan pada penelitian ini adalah tekhnik uji korelasi
Spearman-rho dengan bantuan IBM SPSS Statistics versi 23. Hasil penelitian
menunjukan terdapat hubungan positif antara dukungan sosial dan school wellbeing
pada siswa SMA dengan menunjukan korelaasi sebesar (r = 0,348 dan r =
0,000 (p<0,05)), artinya hipotesis penelitian diterima
Collections
- Psychology [2177]