PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, MANFAAT, RESIKO DAN KEAMANAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN E-MONEY DI KALANGAN MAHASISWA DI YOGYAKARTA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh persepsi kemudahan, persepsi manfaat, persepsi resiko, dan keamanan terhadap minat mahasiswa menggnakan e-money. Metode pengambilan sample dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data responden sebanyak 200 sample mahasiswa di Yogyakarta pada tahun 2015-2019 yang masih aktif. Jenis data yang diambil pada penelitian ini merupakan data primer yang berupa kuisoner secara online dan offline. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan model pengukuran (Outer Model) dan model struktural (Inner Model) dengan aplikasi Smart PLS 3.0. Hasil yang didapat dari analisis menunjukkan bahwa variabel kemudahan berpengaruh positif terhadap persepsi manfaat, keamanan, dan minat menggunakan e-money. Kemudian persepsi manfaat menunjukkan pengaruh positif terhadap minat menggunakan e-money dan juga menunjukkan pengaruh negatif terhadap persepsi resiko. Persepsi resiko menunjukkan tidak berpengaruh terhadap minat menggunakan e-money. Untuk persepsi keamanan berpengaruh positif terhadap minat menggunakan e-money. Penelitian ini penting bagi akademisi untuk memahami lebih lanjut tentang respon masyarakat terhadap perkembangan dan kenyamanan menggunakan e-money.
Collections
- Akuntansi [4414]