Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. H. Fuad Nashori, S.Psi., M.A., Psikolog
dc.contributor.authorLELI NAILUL MUNA
dc.date.accessioned2020-02-19T04:46:44Z
dc.date.available2020-02-19T04:46:44Z
dc.date.issued2020-01-17
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/18237
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk megetahui pengaruh pelatihan berpikir positif dalam meningkatkan optimisme pada anak binaan di LPKA Kelas 1 Kutoarjo. Optimisme adalah keyakinan bahwa keyakinan bahwa hal-hal baik akan lebih sering terjadi daripada hal-hal buruk, sehingga individu percaya bahwa sesuatu akan berjalan sesuai dengan harapan. Pelatihan berpikir positif mengacu pada teori ABCDE dari Seligman (2006). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan pretest dan postest yang diterapkan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (pretest postest with control group design). Pemilihan subjek penelitian ditetapkan dengan menggunakan metode matching. Subjek penelitian berjumlah 18 anak laki-laki yang berusia 14-17 tahun, dengan 9 subjek berada di kelompok eksperimen dan 9 subjek berada di kelompok kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan skala optimisme LOT-R dari Scheier, Carver, & Bridge (1994). Uji hipotesis dilakukan menggunakan analisa data statistik yang menunjukkan bahwa pelatihan berpikir positif secara signifikan meningkatkan optimisme pada kelompok eksperimen, sedangkan kelompok kontrol yang tidak diberikan pelatihan tidak mengalami perubahan skor optimisme.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectBerpikir Positifen_US
dc.subjectOptimismeen_US
dc.subjectAnak Binaanen_US
dc.titleEfektivitas Pelatihan Berpikir Positif Untuk Meningkatkan Optimisme Anak Binaan Di Lpka Kelas 1 Kutoarjoen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM17915047


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record