Pengembangan Dan Validasi Instrumen Akhlak Mulia Siswa Dengan Pendekatan Item Response Theory “Model Rasch”
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan memvalidasi instrumen akhlak mulia siswa (AMS Scale) menggunakan pendekatan Item Response Theory (IRT) model rasch. Instrumen yang dikembangkan dalam penelitian ini melibatkan sebanyak 251 orang siswa dari dua sekolah yang berbeda pada jenjang Sekolah Menengah Atas. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kuantitatif menggunakan skala likert dengan empat pilihan jawaban dalam bentuk semantic differential. Pengujian analisis data menggunakan model rasch melalui perangkat lunak Winsteps. Hasil analisis data menunjukkan bahwa instrumen reliabel dan valid dalam mengukur akhlak mulia siswa. Secara keseluruhan, pola jawaban responden dan aitem memiliki kesesuaian dengan model. Empat opsi pilihan jawaban yang diberikan sudah cukup mewakili. Sedangkan analisis aitem menunjukkan bahwa terdapat tujuh aitem yang tidak sesuai (misfit) dari 60 aitem yang ada sehingga perlu untuk ditinjau kembali. Instrumen memenuhi uji asumsi unidimensionalitas, 24 aitem terdeteksi bias, dan hasil penormaan menunjukkan akhlak mulia subjek berada pada kategori cenderung sedang.
Collections
- Master of Psychology [341]